Ingat, Hari Ini Ada Ganjil Genap di Pintu Tol Bekasi Barat dan Timur

Kompas.com - 12/03/2018, 05:00 WIB
Gerbang Tol Bekasi Barat. Kompas.com / Dani PrabowoGerbang Tol Bekasi Barat.

BEKASI, KOMPAS.com - Peraturan ganjil genap di gerbang tol Bekasi Barat dan Timur berlaku mulai hari ini, Senin (12/3/2018) pukul 06.00-09.00.

Penerapan ganjil-genap hanya berlaku pada dua pintu tol tersebut untuk arah arah Bekasi ke Jakarta.

Jadi, untuk kendaraan berpelat genap boleh melintas pada tanggal genap. Sebaliknya, kendaraan berpelat ganjil hanya boleh melintas pada tanggal ganjil di dua pintu tol tersebut.

Pada hari ini, artinya kendaraan dengan nomor polisi genap yang dapat masuk ke dalam ruas tol melalui gerbang tol Bekasi Barat dan Timur. Sementara kendaraan dengan nomor polisi ganjil diharapkan beralih ke transportasi umum.

"Pemerintah berharap masyarakat beralih ke Transjabodetabek daripada menggunakan kendaraan pribadi dalam kondisi yang menimbulkan cost tinggi," kata Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono melalui keterangan tertulisnya, Kamis (8/3/2018).

Baca juga : Cara Dapat Tarif Flat di Kantong Parkir Saat Ganjil Genap Tol Bekasi

Bambang menegaskan, ganjil genap ini merupakan salah satu paket kebijakan untuk mengurai kemacetan parah di tol Cikampek-Jakarta, khususnya ruas Bekasi-Jakarta. 

Sebelumnya, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Desi Arryani mengatakan adanya penerapan paket kebijakan ini akan mengurai kemacetan sebesar 25 persen dengan 8.000 kendaraan yang terdampak.

"Paling tidak 25 persen akan berkurang dari biasanya, ini bisa kita harapkan bisa mempercepat waktu tempuh dengan meningkatkan kecepatan kendaraan dari biasanya," kata Desi.

Baca juga : Ini Lokasi dan Jadwal Keberangkatan Bus untuk Ganjil-Genap di Pintu Tol Bekasi

Meski demikian, warga Bekasi yang ingin ke arah Jakarta dengan kendaraan nomor ganjil tetap bisa melintas di tol Jakarta-Cikampek pada pagi ini. Namun, masuk melalui pintu tol lain, seperti Tambun dan Pondok Gede.

Adapun opsi yang ditawarkan adalah naik bus transjabodetabek premium yang sudah disediakan. Kantong-kantong parkir telah disediakan di sekitar gerbang tol untuk warga yang membawa mobil dan ingin beralih ke bus transjabodetabek.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X