Anies: Salah Satu Masalah Pembangunan Itu Memindahkan Rumah Ibadah

Kompas.com - 16/06/2018, 10:17 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi Makam Wakaf Muslim di kawasan Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Sabtu (16/6/2018)Kompas.com/Sherly Puspita Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi Makam Wakaf Muslim di kawasan Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Sabtu (16/6/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, salah satu hal yang dapat menghambat pembangunan adalah sulitnya memindahkan rumah ibadah.

Masalah semacam itu menurut dia menjadi salah satu hal yang harus diselesaikan dalam proses pembangunan Waduk Lebak Bulus, Jakarta Selatan, yang telah tersendah selama beberapa tahun.  Ada sebuah masjid berada di lahan yang akan dibangun waduk.

"Tapi menarik, salah satu masalah pembangunan itu adalah memindahkan rumah ibadah. Dan tadi banyak yang bilang Pak Anies kami siap mindah masjid. Jadi, salah satu masalah yang biasanya kita hadapi itu beres," kata Anies di kawasan Cilandak Barat, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (16/6/2018).

Baca juga: Kepada Anies, Warga Minta Waduk Lebak Bulus Segera Diselesaikan

Menurut dia, saat ini warga dan pengelola masjid masih mencari lahan pengganti untuk memindahkan masjid tersebut sehingga pembangunan Waduk Lebak Bulus dapat segera dimulai.

"Tapi menurut saya yang penting kemauan semua. Tadi yang menyampaikan itu Habib Mansyur namanya, itu ketua masjidnya. Kalau ketua masjidnya setuju, sisanya bisa," kata dia.

Anies berjanji akan mengecek data lengkap rencana pembangunan waduk tersebut untuk kemudian menentukan langkah selanjutnya.

Ia juga akan mengecek masalah pembebasan lahan kawasan tersebut yang biasanya menjadi penghambat pembangunan.

Rencana pembangunan Waduk Lebak Bulus telah bergulir sejak 2016. Pembangunan perlu dilakukan untuk mencegah banjir masuk kawasan Lebak Bulus. Hingga kini pembangunan waduk masih terkendala pembebasan lahan.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X