E-Tilang di Jakarta Dinilai Harus Segera Dijalankan, Jangan Hanya Diuji Coba

Kompas.com - 18/09/2018, 22:18 WIB
Aplikasi E-Tilangntmcpolri.info. Aplikasi E-Tilang

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat transportasi sekaligus Ketua Bidang Advokasi Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Darmaningtyas menyambut positif rencana uji coba tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (E-TLE) di Jakarta.

Ia menyebut, seharusnya aturan tilang elektronik sudah diterapkan, bukan hanya diuji coba.

"Seharusnya (tilang elektronik di Jakarta) bukan uji coba lagi, harus segera diterapkan. Itu kan sudah dilaksanakan di banyak tempat, salah satunya Semarang. Saya kira enggak ada masalah," ujar Darmaningtyas saat dihubungi Kompas.com, Selasa (18/9/2018).

Baca juga: Istana Dorong Polri, MA, dan Kejagung Matangkan Sistem E-Tilang

Darmaningtyas menilai tilang elektronik adalah wujud kemajuan sistem penilangan di zaman digital yang memudahkan aparat kepolisian memberikan efek jera kepada pelanggar lalu lintas.

Selain itu, e-tilang juga dapat mengedukasi warga tertib berlalu lintas.

"Sekarang zamannya sudah digital sehingga saya kira tilang itu juga harus tilang elektronik. Petugas tidak harus berdiri di jalan hanya untuk melihat pelanggaran lagi," ujarnya.

Baca juga: Program E-Tilang Diluncurkan, Bayar Tilang Jadi Lebih Mudah

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf mengatakan bahwa uji coba penerapan electronic law enforcement akan dilakukan pada Oktober 2018.

Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dalam melakukan kebijakan tersebut.

"Kemungkinan besar paling lambat, Oktober harus bisa dilaksanakan," kata Yusuf seperti dilansir laman NTMCPolri, Sabtu (15/9/2018).

Baca juga: Polisi Segera Bahas Persiapan Penerapan E-tilang dengan Dishub DKI

Uji coba sekaligus masa sosialisasi itu akan dilakukan selama satu bulan penuh. Harapan dia, tidak ada lagi pelanggar lalu lintas dan jalan menjadi lebih lancar dari biasanya.

Bahkan, tahap uji coba pun akan dilakukan secara bertahap, dimulai dari Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta Pusat.



Terkini Lainnya


Close Ads X