Ini Film-film yang Akan Ditayangkan di Bioskop Rakyat

Kompas.com - 23/11/2018, 15:22 WIB
Kondisi bioskop rakyat bernama Indiskop atau Bioskop Independen tengah dibangun di Pasar Teluk Gong, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (23/11/2018).KOMPAS.com/NURSITA SARI Kondisi bioskop rakyat bernama Indiskop atau Bioskop Independen tengah dibangun di Pasar Teluk Gong, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (23/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com — Pendiri Keana Films Marcella Zalianty mengatakan, bioskop rakyat, Indiskop (bioskop independen) di Pasar Teluk Gong, Jakarta Utara, akan menayangkan film-film Indonesia.

Film Indonesia menjadi prioritas utama yang akan ditayangkan di bioskop tersebut.

"Film tentunya kami akan mengutamakan film Indonesia," ujar Marcella di Pasar Teluk Gong, Jakarta Utara, Jumat (23/11/2018).

Baca juga: Pemegang KJP Plus Bakal Dapat Subsidi Nonton di Bioskop Rakyat Teluk Gong


Marcella menjelaskan, bioskop rakyat dibangun bukan untuk menyaingi bioskop-bioskop yang sudah ada selama ini.

Bioskop rakyat dibangun sebagai pelengkap bioskop mainstream.

Warga yang tidak bisa menjangkau bioskop mainstream karena lokasi dan harga tiket bisa menonton di bioskop rakyat tersebut.

Baca juga: Tiket Nonton di Bioskop Rakyat Teluk Gong Rp 15.000-Rp 20.000

Film-film yang tayang di bioskop rakyat, kata Marcella, adalah film-film yang sudah tayang terlebih dahulu di bioskop komersil.

"Film setelah mainstream bioskop, bisa masuk ke sini. Bioskop rakyat bisa diaplikasikan di daerah tingkat kedua yang memang tidak terjangkau infrastrukturnya untuk pergi ke mal," kata dia.

Meski film Indonesia diutamakan, film-film garapan luar negeri juga masih dimungkinkan tayang di bioskop rakyat Pasar Teluk Gong.

Asalkan, film tersebut memiliki nilai edukasi.

Baca juga: Mengintip Desain Bioskop Futuristik di China

"Kalau toh sampai ada suatu saat film luar, ini lebih untuk edukasi. Bisa jadi bulan ini atau minggu ini historical film, film-film box office, tetapi yang kami utamakan adalah film Indonesia yang punya nilai budaya, nasionalisme," ucap Marcella.

Selain itu, Keana Films juga berencana menayangkan film-film karya anak bangsa yang memenangkan festival film baik dalam maupun luar negeri.

Sebab, film-film itu biasanya tidak tayang di bioskop komersial.

Baca juga: Januari 2019, Jakarta Punya Bioskop Rakyat di Teluk Gong

"Tidak menutup kemungkinan film-film dokumenter yang bagus juga bisa kami tampilkan di sini. Kadang-kadang kita enggak bisa nonton film-film yang menang festival karya anak bangsa, kita juga pengin bisa tayang di sini," tutur dia.

Adapun bioskop rakyat ini ditargetkan rampung pada Januari 2019. Bioskop rakyat dibangun atas kerja sama Perumda Pasar Jaya dan Keana Films.

Ada dua studio yang dibangun di bioskop rakyat Pasar Teluk Gong yang masing-masing studio berkapasitas 112 penonton.

Harga tiket yang dijual antara Rp 15.000 sampai Rp 20.000, lebih murah dibandingkan harga tiket di bioskop pada umumnya.




Close Ads X