Sudah Sering Dibersihkan, Kali Gendong Masih Kotor Terus

Kompas.com - 30/11/2018, 19:48 WIB
Sampah mengotori Kali Gendong di kawasan Muara Baru, Jakarta Utara, Jumat (30/11/2018). KOMPAS.com/Ardito Ramadhan DSampah mengotori Kali Gendong di kawasan Muara Baru, Jakarta Utara, Jumat (30/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kali Gendong yang berada di kawasan Muara Baru, Penjaringan Jakarta Utara, disebut sudah berulang kali dibersihkan supaya bebas dari sampah.

Lurah Penjaringan Depika Rohmadi mengatakan, kali tersebut selalu kembali penuh dengan sampah meski sudah berkali-kali dibersihkan.

"Kami memang setiap bersihkan, enggak lama kotor lagi karena perilaku warganya masih seperti itu," kata Depika saat dihubungi wartawan, Jumat (30/11/2018).

Baca juga: Kita Lagi Bersih-bersih Kali Gendong, Ada Orang Cuek Saja Buang Air...

Depika menuturkan, kegiatan kerja bakti untuk membersihkan kali tersebut sudah rutin dilakukan meski tidak setiap hari. Ia mencontohkan, kegiatan gerebek sampah dengan 500 orang juga sudah dilakukan dua pekan yang lalu.

Depika melanjutkan, pihak kelurahan juga sudah berupaya menerjunkan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum untuk membantu petugas UPK Badan Air membersihkan sampah.

Upaya persuasi juga sudah dilakukan guna menyadarkan masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan.

Baca juga: Melihat Kali Gendong, Tempat Sampah Warga Penjaringan...

"(Dari) kami paling (petugas) PPSU saya turunin satu tim di situ. Setelah wilayah, tupoksinya saya suruh angkut sampah di situ. Kalau dari masyarakat kami pendekatan, sosialisasi ngobrol. Tapi karena penduduknya banyak, banyak yang belum sadar," ujar Depika.

Diberitakan sebelumnya, berbagai sampah mengotori aliran Kali Gendong di kawasan Muara Baru. Sampah-sampah tersebut diduga berasal dari masyarakat setempat yang membuang sampah sembarangan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X