Anies Pastikan Harga Pangan Stabil Jelang Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 06/12/2018, 19:57 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (6/12/2018).KOMPAS.com/NURSITA SARI Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (6/12/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan harga komoditas pangan tetap stabil menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Hingga saat ini, pasokan dan harga pangan tetap aman.

"Sejauh ini sih terkontrol, aman, enggak ada masalah," ujar Anies di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (6/12/2018).

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Arief Prasetyo Adi mengatakan, Pemprov DKI Jakarta telah berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan dan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) untuk melakukan operasi pasar.

Tujuannya agar harga komoditas pangan tetap stabil pada Natal dan tahun baru.

Baca juga: Lahan Terbatas, Pasokan Pangan di DKI Bergantung pada Provinsi Lain

Food Station juga membeli komoditas pangan dengan harga murah sehingga pangan tersebut bisa dijual kembali dengan harga lebih murah dari pasaran.

Komoditas beras misalnya. Food Station membeli beras seharga Rp 8.100 per kilogram dari Perum Bulog. Beras itu kemudian dijual dengan harga Rp 8.500 per kilogram di Pasar Beras Induk Cipinang (PIBC).

"Di Pasar Jaya itu harganya Rp 9.000 per kilogram. Kita sudah set sedemikian di bawah HET (harga eceran tertinggi) Rp 9.450. Tinggal kita cepat-cepat saja kita dorong ke pasar tradisional," kata Arief saat ditemui terpisah.

Selain harga yang stabil dan di bawah HET, pasokan beras di PIBC juga aman.

"Minggu ini (datang pasokan) 2.700 ton, minggu kemarin 2.000 ton," ucap Arief.



Close Ads X