Hari Ini, "Skybridge" Tanah Abang Diuji Coba Operasi - Kompas.com

Hari Ini, "Skybridge" Tanah Abang Diuji Coba Operasi

Kompas.com - 07/12/2018, 06:01 WIB
Skybridge atau jembatan multi guna Tanah Abang, Jakarta Pusat. Foto diambil Jumat (30/11/2018).KOMPAS.com/ RINDI NURIS VELAROSDELA Skybridge atau jembatan multi guna Tanah Abang, Jakarta Pusat. Foto diambil Jumat (30/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Jembatan penyeberangan multiguna (JPM) atau skybridge Tanah Abang, Jakarta Pusat, mulai diuji coba operasi pada Jumat (7/12/2018) ini.

Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan mengatakan, pejalan kaki sudah bisa melalui skybridge Tanah Abang dalam uji coba ini. Sarana Jaya merupakan pelaksana proyek skybrige itu.

"Besok (hari ini) itu bukan peresmian, tetapi pembukaan untuk umum, pejalan kaki, sebagai uji coba lintasan pemakaian JPM, termasuk lintasan jalan yang ada di bawah JPM," kata Yoory melalui pesan singkat, Kamis malam.

Baca juga: Persoalan Seputar Skybridge Tanah Abang Dinyatakan Sudah Beres

Ia menyampaikan, skybridge Tanah Abang telah terhubung langsung dengan Stasiun Tanah Abang. Namun, PT Kereta Api Indonesia masih memproses pemindahan gerbang masuk stasiun (tapping gate).

"Sudah (terhubung) dong, tinggal bukanya menunggu kesiapan KAI. Tapping gate masih dalam pekerjaan," kata dia.

Hari ini, skybridge baru bisa dilalui pejalan kaki. Para pedagang kaki lima (PKL) baru akan menempati lapak-lapak yang ada di skybridge akhir pekan.

"Rencana pedagang secara bertahap mulai Sabtu atau Minggu," ucap Yoory.

Uji coba skybridge itu akan dilakukan selama sepekan. Selama uji coba, skybridge Tanah Abang dibuka mulai pukul 07.00 sampai 18.00 WIB. Ke depan, waktu operasi skybridge akan disesuaikan dengan waktu operasional kereta rel listrik (KRL) di Stasiun Tanah Abang.

Dengan adanya skybridge Tanah Abang, PT KAI Daop 1 akan menggeser posisi 13 gate existing di Jalan Jatibaru Raya sejauh tujuh meter, mendekati loket.

Keputusan pemindahan gate itu berdasarkan hasil simulasi yang dilakukan PT KAI pada 23-29 November.

Selain memindahkan gate, PT KAI juga akan membuat sebuah pintu penghubung antara Stasiun Tanah Abang dan skybridge.

Baca juga: Skybridge Tanah Abang Beroperasi, Trotoar Jalan Jatibaru Bebas PKL


Terkini Lainnya


Close Ads X