Ini 12 Titik Langganan Banjir di Jakarta Selatan - Kompas.com

Ini 12 Titik Langganan Banjir di Jakarta Selatan

Kompas.com - 07/12/2018, 20:42 WIB
Ilustrasi banjir di Jakarta.KOMPAS/RADITYA HELABUMI Ilustrasi banjir di Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan memetakan 12 titik langganan banjir di Jakarta Selatan. Beberapa titik bahkan pernah terendam hingga lima kali.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan Holi Susanto menyebut 12 titik itu yakni di Jalan Haji Ipin, Pondok Labu, Cilandak dengan intensitas banjir empat kali. Lalu RW 01, 03, 07, 09, dan 10 Kelurahan Pondok Labu sudah terendam lima kali. Pondok Labu dialiri Kali Grogol dan Kalli Krukut.

Kemudian RW 07 Kelurahan Pejaten Timur, Pasar Minggu sudah terendam dua kali.

Di kawasan Kemang, ada dua titik banjir. Pertama, di Jalan Kemang Utara IX depan pasar jagal (pasar kambing), sudah empat kali banjir. Kedua, Jalan Kemang Raya depan Kemchick sudah tergenang banjir hingga enam kali.

Baca juga: Pompa Pengendali Banjir di Rumah Pompa Sunter Dipastikan Berfungsi

Di Kebayoran Lama, banjir tercatat melanda Jalan Iskandar Muda depan Gandaria City dan underpass di depannya sampai enam kali.

Di Pancoran, Jalan MT Haryono di bawah jembatan layang Pancoran terendam dua kali. Di kawasan ini, tengah dibangun jalur light rail transit (LRT).

Sedangkan terowongan dekat Stasiun Cawang di bawah Jalan MT Haryono pernah banjir hingga lima kali.

"Untuk yang di MT Haryono, setiap hari kami tugas personel kami untuk cek tali-tali air di lokasi tersebut. Lalu menyiapkan pompa alkon dan berkoordinasi dengan PT Adhi Karya untuk bantuan pompa," ujar Holi kepada wartawan, Jumat (7/12/2018).

Baca juga: Puluhan Rumah dan Jembatan Terendam Banjir di Bangka Barat

Kemudian, di Kebayoran Baru, kelurahan Petogogan di sekitar Jalan Wijaya Timur Raya pernah banjir hingga lima kali. Masih di Kebayoran Baru, Jalan Sultan Hasanudin depan Mabes Polri tercatat banjir sampai tiga kali.

"Jalan Gatot Subroto depan Balai Kartini tiga kali tergenang dan Jalan Jenderal Sudirman depan Universitas Atma Jaya tiga kali," kata Holi.

Holi menyampaikan, untuk di Kawasan Sudirman pihaknya telah melakukan pengerukan saluran air. Sedangkan untuk di Jalan Wijaya sudah dilakukan pengerukan Kali Krukut.

Sementara penanganan untuk di kawasan Cilandak dan Pasar Minggu, Suku Dinas SDA telah berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung dan Cisadane (BBWSCC). Sedangkan wilayah lainnya sudah dilakukan perbaikan saluran.



Close Ads X