Pompa Pengendali Banjir di Rumah Pompa Sunter Dipastikan Berfungsi

Kompas.com - 07/12/2018, 07:37 WIB
Kondisi bagian dalam Rumah Pompa Sunter, Kamis (6/12/2018). KOMPAS.com/Ardito Ramadhan DKondisi bagian dalam Rumah Pompa Sunter, Kamis (6/12/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta memastikan Rumah Pompa Sunter dapat berfungsi optimal jelang musim hujan ini. Kepala Bidang Aliran Timur Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Nelson Simanjuntak mengatakan, Rumah Pompa Sunter berfungsi sebagai pengendali banjir.

"Saat ini kondisi pompa sudah siap semuanya untuk melaksanakan fungsinya sebagai pengendali banjir," kata Nelson di Rumah Pompa Sunter, Kamis (6/12/2018) kemarin.

Nelson menjelaskan, Rumah Pompa Sunter berperan sebagai pompa pengendali banjir di mana pompa tersebut mengalirkan air yang tertampung menuju sungai.

"Jadi kawasan ini dikeringkan atau istilahnya air-air yang masuk di kawasan ini kami tampung dulu di Waduk Sunter Selatan kemudian kami pompa ke Kali Sentiong," kata Nelson.


Baca juga: Antisipasi Rob di Penjaringan, Pemkot Jakut Siagakan 31 Rumah Pompa

Rumah pompa tersebut mempunyai enam buah pompa stationer berkapasitas 2.500 liter per detik. Enam buah pompa mobile juga tersedia di sana.

Nelson mengatakan, pompa mobile akan dikerahkan untuk mengatasi banjir di daerah-daerah cekungan. Ia cukup optimis bahwa banjir dapat teratasi.

"Delapan puluh persen saya optimis. Untuk 20 persen ada beberapa titik yang memang rutin genangan yang pompa mobile yang kami siap untuk mengeringkan daerah-daerag seperti itu," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X