Cerita Korban Kebakaran Kemayoran, Tidur di Tenda hingga Butuh Obat-obatan

Kompas.com - 27/12/2018, 21:37 WIB
Tenda milik sudin sosial Jakarta Pusat untuk membantu warga yang kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran di RT 006 RW 06 Kelurahan Kebon Kosong, Kemayoran. KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELATenda milik sudin sosial Jakarta Pusat untuk membantu warga yang kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran di RT 006 RW 06 Kelurahan Kebon Kosong, Kemayoran.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga hari sudah sejak kebakaran Kemayoran 25 Desember berlalu. 210 Warga yang kehilangan rumahnya terpaksa mengungsi.

Warga yang tak lagi memiliki tempat tinggal terpaksa tidur di tenda yang didirikan Dinas Sosial Jakarta di depan SLB Harapan Ibu.

"Baru tiga malam di sini, tidurnya ya di posko ini," ungkap Ichi, seorang Ibu berusia 56 tahun yang tengah melipat pakaian yang ada disampingnya.

Ichi mengungkapkan rasa syukurnya atas banyaknya bantuan yang ia dapatkan selama mengungsi si tenda biru itu.


"Kami dikasih selimut sama pakaian bekas ini dikasih, sehari dapat makan tiga kali, makanya pakai ikan, ayam, telor, jadi untuk makanan cukup," katanya.

Baca juga: Puluhan Rumah Hangus Terbakar di Kemayoran

"Makanannya dikasih pagi, siang, sore", tambah seorang nenek berumur 66 tahun bernama Ratnaini.

Namun, hidup di tenda pengungsian tentunya banyak tantangan yang mereka alami.

"Malam pertama langsung hujan, sempat bocor sedikit dari tali-tali tenda ini merembes, cuma sudah diatasi jadi enggak bocor lagi," kata Ichi

"Untuk mandi kita numpang-numpang saja," kata Babai Jubaidi (40) yang turut menceritakan kondisi di pengungsian.

Pengungsi Kebakaran Kemayoran di Tenda PengungsianKOMPAS.com/ JIMMY RAMADHAN AZHARI Pengungsi Kebakaran Kemayoran di Tenda Pengungsian

Dinas Sosial sebelumnya telah menyediakan kamar mandi berjalan untuk para pengungsi. Namun, pengungsi lebih memilih untuk mandi cuci kakus (MCK) di rumah warga yang tidak terkena kebakaran.

"Enggak ada yang mau naik ke sana, soalnya lebih enak numpang-numpang sama tetangga, soalnya kita di sini sudah kayak saudara," kata Ichi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X