Kompas.com - 02/01/2019, 14:36 WIB
Penulis Nursita Sari
|

JAKARTA, KOMPAS.com — Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DKI Jakarta mengajukan tiga kadernya sebagai kandidat wakil gubernur DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno.

Dua di antaranya merupakan kader yang namanya sudah beredar selama ini, yakni mantan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu dan Sekretaris Umum DPW PKS DKI Jakarta Agung Yulianto.

Kemudian, kader lain yang diajukan sebagai cawagub yakni Ketua Dewan Syariah Wilayah PKS DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi. Dia merupakan anggota DPRD DKI Jakarta.

Baca juga: Sore Ini, PKS Kirim Kandidat Wagub DKI ke Gerindra

"Nama kader PKS yang diajukan sebagai cawagub pertama, Agung Yulianto; kedua, Ahmad Syaikhu; ketiga, Abdurrahman Suhaimi," ujar Ketua DPW PKS DKI Jakarta Syakir Purnomo melalui pesan singkat, Rabu (2/1/2019).

Syakir menyampaikan, tiga nama itu akan dikirimkan kepada DPD Partai Gerindra DKI Jakarta pada Rabu sore ini.

Ketiganya akan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test yang digelar PKS dan Gerindra.

Dua di antara tiga kader PKS yang lolos fit and proper test nantinya akan diajukan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk selanjutnya dipilih menjadi wagub DKI melalui DPRD DKI Jakarta.

"Setelah fit and proper test, dari tiga nama tersebut, yang nanti akan dimajukan ke DPRD DKI Jakarta hanya dua nama," kata Syakir.

Kursi wakil gubernur DKI Jakarta masih kosong sejak ditinggalkan Sandiaga Uno yang maju sebagai calon wakil presiden pada Pilpres 2019.

Dua partai politik pengusung Anies-Sandiaga pada Pilkada DKI Jakarta 2017, Partai Gerindra dan PKS, belum juga menentukan dua kandidat wagub pengganti. Sebab, pemahaman Gerindra dan PKS terkait fit and proper test calon wakil gubernur masih berbeda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.