[KLARIFIKASI] Isu Pembiusan dan Cekcok Dua Perempuan di Mangga Dua

Kompas.com - 17/03/2019, 17:51 WIB
Barang bukti berupa jarum suntik dan pisau dapur yang diamankan dari peristiwa cekcok antara SJ dan SDE yang viral di media sosial dipamerkan dalam konferensi pers di Mapolsek Pademangan, Sabtu (16/3/2019).KOMPAS.com/ARDITO RAMADHAN D Barang bukti berupa jarum suntik dan pisau dapur yang diamankan dari peristiwa cekcok antara SJ dan SDE yang viral di media sosial dipamerkan dalam konferensi pers di Mapolsek Pademangan, Sabtu (16/3/2019).
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Warganet dihebohkan isu mengenai upaya pembiusan seorang perempuan terhadap perempuan lain yang terjadi di toilet WTC Mangga Dua.  

Tak hanya itu, dalam video yang memperlihatkan dua perempuan yang terlibat cekcok itu juga disertai narasi bahwa pelaku pembiusan membawa pisau dapur dan jarum suntik di dalam tas.

Benda-benda itu dibawa oleh pelaku berinisial SJ, dan muncul spekulasi benda itu akan digunakan untuk membius korban dengan inisial nama SDE.

Kabar ini pun diklarifikasi oleh pihak kepolisian.

Narasi yang beredar:

Video cekcok antar dua perempuan di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, WTC Mangga Dua, tersebar di media sosial sejak Jumat (15/3/2019).

Dari salah satu pelaku cekcok berinisial SJ (sebelumnya disebut J) ditemukan pisau dapur dan beberapa jarum suntik. Dalam video, SJ merupakan perempuan yang mengenakan baju bergaris.

Narasi yang tersebar di media sosial menyebut, alat-alat itu digunakan oleh SJ untuk membius korbannya, yaitu SDE. Dalam video, SDE (sebelumnya disebut E) mengenakan kaus putih.

Dalam video, SJE berteriak bahwa SJ mencoba membiusnya, sehingga ia memanggil petugas keamanan.

Berikut keterangan yang tertulis melengkapi video yang tersebar:

"Baru dapet video modus pembiusan cewek di salah satu wc umum mall di Jakarta. Dan yang bikin kaget pelakunya ternyata cewek juga. Untung korbannya selamat dan langsung narik tas pelaku. Duh, please be safe everyone. Please aware sama siapapun, even cewek juga. Scary AF!" tulis pengunggah video dengan nama akun Twitter @mommy_elzar.

Di dalam kolom komentar, terdapat netizen yang menyebut pembiusan merupakan modus penjualan organ tubuh manusia. Netizen lain menyebut pelaku bekerja secara berkomplot dengan tujuh orang lainnya.

Penelusuran Kompas.com:

Dari penjelasan yang diberikan oleh Kapolsek Pademangan, Kompol Julianthy, pisau dapur dan jarum suntik yang dibawa oleh SJ tidak digunakan untuk membius SDE. Menurut dia, barang itu adalah barang dagangan SJ yang memiliki usaha online.

“Jadi suntikan ini bukanlah obat bius seperti yang diberitakan bahwa akan melakukan pembiusan kepada korban tapi dia adalah pedagang online kosmetik," kata Julianthy dalam konferensi pers di  Mapolsek Pademangan, Sabtu (16/3/2019).

Halaman Berikutnya
Halaman:


HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain


Close Ads X