Mei 2019, Transjakarta Uji Coba 10 Bus Listrik Ramah Lingkungan

Kompas.com - 21/03/2019, 15:21 WIB
Bus listrik ramah lingkungan yang akan diuji coba PT Transjakarta. Foto diambil Kamis (21/3/2019)KOMPAS.com/Ryana Aryadita Bus listrik ramah lingkungan yang akan diuji coba PT Transjakarta. Foto diambil Kamis (21/3/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Transjakarta akan uji coba 10 bus listrik pada Mei 2019. Uji coba tersebut rencananya dilakukan selama 6 bulan.

"Uji coba dilakukan tergantung kesiapan mitra. Untuk mencapai operasi di kami harus ada legalitas. Tapi kami targetkan Mei ini dan akan berlangsung 6 bulan," ujar Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2019).

Agung menyebutkan, berdasarkan studi, bus listrik ini lebih rendah emisi, bahkan zero emisi. Dengan demikian, bus tersebut lebih ramah lingkungan.

"Studi menunjukan emisi karbon 40 persen dari transportasi jadi kalau terus-terusan menggunakan (bensin) akan besar sekali emisi," kata dia.


Baca juga: Menengok Calon Bus Listrik Transjakarta [VIDEO]

PT Transjakarta telah menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan beberapa perusahaan untuk menghadirkan bus listrik ramah lingkungan itu di Jakarta.

Penandatanganan MoU dilakukan dengan empat perusahaan ini yakni BYD auto Industry, PT Mobil Anak Bangsa, PT RAC Danfoss, PT Bakrie Autoparts, dan satu universitas yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) yang akan menyiapkan bus listrik.

"Komitmen Transjakarta untuk mendukung Pemprov untuk menguji coba bus elektrik. Dan MoU ini untuk memulai pengembangan bus listrik jakarta," ucap Agung 

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X