Pengemudi Ditilang jika Merokok, tetapi Penumpang Tidak

Kompas.com - 12/04/2019, 20:27 WIB
Ilustrasi pengendara motor SHUTTERSTOCKIlustrasi pengendara motor
Penulis Dean Pahrevi
|

BEKASI, KOMPAS.com - Larangan merokok saat berkendar hanya berlaku untuk pengemudi, sedangkan penumpangnya tidak terkena larangan itu.

Menurut Kasatlantas Polres Metro Bekasi Kota AKBP Ojo Ruslani, aturan itu sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 12 Tahun 2019 Pasal 6 huruf C.

Isinya, pengemudi dilarang merokok dan melakukan aktivitas lain yang mengganggu konsentrasi ketika sedang mengendarai kendaraan.

"Kan (dalam aturan tertulis) pengemudi, kalau yang dibonceng bukan pengemudi. Jadi tidak masalah (penumpang merokok saat dibonceng) kan tertulisnya pengemudi kendaraan bermotor," kata Ojo di Mapolres Metro Bekasi Kota, Jumat (12/4/2019).

Baca juga: Insya Allah kalau Ada Penumpang Saya Enggak Merokok...

Dari segi kaca mata hukum, kata Ojo, penumpang kendaraan bermotor yang kedapatan merokok tidak bisa ditindak karena aturan yang berlaku tidak mengatur penumpang tetapi mengatur pengemudinya.

Kendati demikian, dia tetap mengimbau pengemudi dan penumpang yang dibonceng agar tidak merokok saat berkendara.

Sebab, hal itu dapat mengganggu konsentrasi pengemudi atau pengendara lainnya.

"Ya tapi tetap kalau mau merokok ya jangan pas naik motor itu bahaya juga kan buat pengendara lainnya. Lebih baik turun dulu kalau mau ngerokok," ujar Ojo.

Selain merokok, kegiatan lain seperti bermain ponsel dan bercanda berlebihan saat berkendara bisa dikenakan sanksi.

Baca juga: Pengendara Diimbau Menepi jika Ingin Merokok

Hal itu sesuai Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 283. Isinya, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 bulan atau denda paling banyak Rp 750.000.

Sementara itu, Direktorat Lalu lintas Polda Metro Jaya mencatat, sejak larangan merokok saat berkendara itu berlaku pada 11 Maret 2019, ada 652 pengendara yang ditilang karena kedapatan merokok saat berkendara.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X