Anies Minta Kantor dan Toko yang Tutup karena Aksi 22 Mei Buka Lagi

Kompas.com - 23/05/2019, 17:39 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019)KOMPAS.com/Ryana Aryadita Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta kantor dan toko yang tutup akibat aksi 22 Mei, segera beroperasi kembali. Ia ingin aktivitas Ibu Kota seperti sedia kala.

"Kembali beraktivitas seperti semula untuk yang berada di wilayah Jalan MH Thamrin juga toko-toko bisa kembali dibuka, pusat perbelanjaan dibuka kembali dan seluruh masyarakat berkegiatan seperti biasa," kata Anies di Jalan MH Thamrin, Kamis (23/5/2019).

Sebab menurut Anies, area yang terdampak aksi 22 Mei hanya di Jalan MH Thamrin, Petamburan, Jatibaru, dan Slipi. Sementara wilayah lainnya, menurut Anies harusnya aktivitas tetap berlangsung normal.

Baca juga: Anies Bersihkan Jalan MH Thamrin Pascakerusuhan 22 Mei

"Ini berbeda apa yang terjadi di tahun '98, tahun '98 seluruh wilayah di Jakarta terjadi kerusuhan, di berbgai tempat ada toko-toko, mal, ada penjarahan di berbagai tempat, itu kemarin tidak terjadi," kata Anies.

"Kemarin hanya ada demonstarsi dan bentrokan di kawasan Tanah Abang, sampai Slipi dan di kawasan Thamrin. Jadi secara umum Jakarta kondisinya tenang dan stabil," lanjut dia.

Anies berharap dengan beroperasinya kembali tempat usaha, perekonomian pulih.

Baca juga: Anies: Jakarta Secara Umum Aman-aman Saja

Sebelumnya, kerusuhan terjadi saat aksi 22 Mei. Ada perusuh yang melakukan provokasi usai unjuk rasa di Bawaslu pada Rabu malam.

Kemudian sejumlah bentrokan juga terjadi di Petamburan dan Slipi.

Akibatnya, sejumlah aktivitas perekonomian terhenti. Beberapa arus lalu lintas dan sarana transportasi lumpuh.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X