Kunjungan Kerja ke Bali, Wali Kota Bekasi Siap Terapkan E-Pajak

Kompas.com - 23/10/2019, 17:34 WIB
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi ditemui di gedung DPRD Kota Bekasi, Senin (7/10/2019). KOMPAS.COM/VITORIO MANTALEANWali Kota Bekasi Rahmat Effendi ditemui di gedung DPRD Kota Bekasi, Senin (7/10/2019).

BEKASI, KOMPAS.com - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi kembali berdinas, Rabu (23/10/2019), setelah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Badung, Bali.

Di sana, ia mempelajari penerapan penarikan pajak berbasis elektronik alias e-pajak.

Politikus Golkar ini menyatakan, e-pajak bakal berperan besar dalam memaksimalkan potensi pendapatan asli daerah (PAD) Kota Bekasi.

"Di Bali itu dia (Kabupaten Badung) ada tiga. Web service, itu nanti seperti yang prepaid tax. Ada yang pakai taping box. Ada yang pakai cash register," kata pria yang akrab disapa Pepen itu kepada wartawan di RSUD Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi, Rabu petang.

Baca juga: Wali Kota Gemas, 70.000 Warga Bekasi Masih Pakai Suket Gara-gara Blanko E-KTP Langka

Pepen berujar, ketiganya sama-sama memanfaatkan teknologi informasi untuk memaksimalkan penarikan pajak.

Dengan komputerisasi semacam ini, arus pajak akan terdata secara lebih baik. Sehingga, celah dalam penarikan pajak dapat dipersempit.

Selain mempelajari sistem penarikan pajak berbasis elektronik, Pepen juga akan menerapkan klasifikasi jenis usaha untuk penarikan pajak di Kota Bekasi.

Klasifikasi ini disesuaikan dengan sistem elektronik penarikan pajak tadi. Pajak restoran dan parkir, menurut Pepen, akan jadi sasaran sistem ini guna mendongkrak PAD.

"Kita harus ada pengklasifikasian, mana yang pakai cash register, mana yang pakai taping box, mana yang pakai web service," ia menerangkan.

"Kalau sekarang kan dibabat semua," tutup Pepen.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X