Ratusan Pengemudi Terkena Tilang karena Melintas di Jalur Sepeda Kawasan Tomang

Kompas.com - 02/12/2019, 21:11 WIB
Pengendara motor di Jalan Tomang Raya yang masuk jalur sepeda KOMPAS.com/ BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA LADJARPengendara motor di Jalan Tomang Raya yang masuk jalur sepeda

JAKARTA, KOMPAS.com - Tepat seminggu penerapan tilang diberlakukan terhadap pengemudi kendaraan bermotor yang melintas di jalur sepeda. Polisi menyebutkan, sedikitnya ada ratusan pelanggar di Jalan Tomang Raya yang diberi sanksi tilang.

"Lima puluh lebih lah, ratusan mungkin ada," ucap Kasudin Perhubungan Jakarta Barat Erwansyah saat dihubungi, Senin (2/12/2019).

Erwansyah melanjutkan, pemberian sanksi tilang pada pengemudi kendaraan bermotor paling banyak dilakukan saat jam pulang kantor.


Bukan hanya memberikan tilang, Dishub juga mengedepankan sosialisasi kepada para pengemudi kendaraan bermotor.

"Jadi memang ini hal baru yang terus kami edukasikan ke masyarakat. Kalau sanksi tilang terus jalani setiap hari. Dan polisi sepertinya enggak mau ekstrem banget juga, karena Tomang jam-jam pulang sangat padat," ujar Erwan.

Baca juga: Dalam Sepekan, Ada 653 Pelanggar Jalur Sepeda yang Ditilang

Adapun alasan petugas tidak melalukan tindakan tilang secara menyeluruh karena jumlah petugas tidak sebanding dengan pengendara.

Selain itu, akan terjadi antrean panjang ketika polisi melakukan tilang lantaran jalan Tomang yang sempit dan terhubung langsung dengan kawasan Istana Negara di Jakarta Pusat.

"Jalur Tomang kalau macet sampai Istana. Jadi kalau sore tetap dilakukan penilangan tapi tidak semua, kami juga tetap usaha (sosialisasi) jangan lewat jalur sepeda," kata Erwan.

Untuk diketahui, mulai 25 November 2019, polisi menilang para pengemudi kendaraan bermotor yang nekat masuk dan melintas di jalur sepeda.

Para pelanggar akan dijerat Pasal 284 tentang Hak Utama Pejalan Kaki dan Pasal 287 Ayat 1 tentang Pelanggaran Rambu atau Marka Jalan dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X