Kompas.com - 29/01/2020, 16:53 WIB
pelaku eksploitasi sex anak berinisial JF (kiri) dan NF (kanan) dalam jumpa pers di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Rabu (29/1/2020) KOMPAS.COM/WALDA MARISONpelaku eksploitasi sex anak berinisial JF (kiri) dan NF (kanan) dalam jumpa pers di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Rabu (29/1/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Polsek Metro Koja dan Polres Metro Jakarta Utara menangkap DW, SY, FD, dan PK yang merupakan pembobol mesin ATM di kawasan Koja.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto lantas mengungkapkan peran masing-masing tersangka pembobol mesin ATM tersebut.

"PK berperan sebagai kapten yang melakukan pengganjalan terhadap exit shutter (ATM) tersebut," kata Budhi saat dikonfirmasi, Rabu (29/1/2020).

Tersangka kedua yakni DW yang melakukan pengawasan terhadap mesin ATM sasaran mereka.

Baca juga: Polisi Tangkap Komplotan Pembobol ATM di Koja

Sementara tersangka FD berperan sebagai pengalih perhatian dengan menghalang-halangi warga mengambil uang di ATM yang hendak di bobol.

"Untuk SY dia beroperasi menggunakan baju salah satu ojek online seolah-olah dia ojek online kemudian menunggu antrean di ATM tersebut," tutur Budhi.

Dalam menjalankan aksinya, para tersangka ini mengincar mesin-mesin ATM lama yang masih beroperasi.

Baca juga: Pembobol ATM di Koja Incar Mesin Jenis Lama

Ada batasan tertentu uang yang bisa mereka ambil saat membobol sebuah ATM.

"Setiap satu ATM batas maksimalnya kalau dia pecahan Rp 100.000 maka batas maksimalnya adalah Rp 2,5 juta," ujar Budhi.

Adapun para tersangka tersebut tertangkap saat sedang beraksi di ATM Bank Mulyasari, Koja, Jakarta Utara pada Sabtu (18/1/2020).

Para tersangka itu dikenakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman lima tahun penjara



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X