Kompas.com - 18/04/2021, 20:45 WIB
Tim medis Puskesmas Kecamatan Gambir mengambil sampel darah warga saat melakukan uji cepat (rapid test) di ruang kelas SDN Petojo Selatan 06, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Senin (29/6/2020). Pemerintah Kota Jakarta Pusat melalui Kecamatan Gambir melakukan rapid tes yang diperuntukkan bagi para warga di lingkungan Petojo Selatan yang masuk zona merah. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGTim medis Puskesmas Kecamatan Gambir mengambil sampel darah warga saat melakukan uji cepat (rapid test) di ruang kelas SDN Petojo Selatan 06, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Senin (29/6/2020). Pemerintah Kota Jakarta Pusat melalui Kecamatan Gambir melakukan rapid tes yang diperuntukkan bagi para warga di lingkungan Petojo Selatan yang masuk zona merah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengumumkan penambahan 950 kasus Covid-19, pada Minggu (18/4/2021).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Dwi Oktavia mengatakan, hasil ini diperoleh dari tes PCR yang dilakukan terhadap 8.437 spesimen.

Dari jumlah tes tersebut, sebanyak 6.749 orang dites PCR hari ini untuk mendiagnosis kasus.

Baca juga: Sebaran 4.585 Kasus Baru Covid-19, Tertinggi di DKI dengan 950 Kasus

Selain itu, Dinkes DKI Jakarta juga melakukan tes antigen terhadap 3.001 orang dengan hasil 88 positif dan 2.913 negatif.

Dwi menyatakan, hasil tes antigen di Jakarta tidak masuk dalam total kasus positif karena semua dikonfirmasi ulang dengan PCR.

"Untuk rate tes PCR total per 1 juta penduduk sebanyak 339.762. Jumlah orang yang dites PCR sepekan terakhir sebanyak 67.211," kata Dwi melalui keterangan tertulis, Minggu.

Baca juga: Pemprov DKI Imbau Pegawai Tak Gelar Buka Puasa Bersama

Dengan penambahan kasus baru tersebut, maka total kasus Covid-19 di Jakarta hingga hari ini sebanyak 399.075 kasus.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 385.615 orang dinyatakan sembuh dengan tingkat kesembuhan 96,6 persen.

Sementara, 6.536 orang meninggal dunia dengan tingkat kematian 1,6 persen.

Baca juga: Daftar 106 Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di DKI Jakarta

Dwi menambahkan, jumlah kasus aktif mengalami penurunan sejumlah 29 kasus. Sehingga saat ini ada 6.924 pasien yang masih menjalani perawatan atau isolasi.

Adapun positivity rate atau persentase kasus positif selama sepekan terakhir di Jakarta sebesar 9,6 persen. Sedangkan persentase kasus positif secara total sebesar 11 persen.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan persentase kasus positif tidak lebih dari 5 persen.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X