Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fraksi PSI Minta Peristiwa Gedung SMAN 96 Jakarta Roboh Diusut Tuntas

Kompas.com - 19/11/2021, 10:37 WIB
Singgih Wiryono,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta, Idris Ahmad, meminta Pemprov DKI mengusut tuntas penyebab robohnya gedung SMAN 96 Jakarta yang sedang direnovasi, Rabu (17/11/2021).

"Saya mendorong agar penyebab robohnya bangunan tersebut diusut secara tuntas, agar tidak terjadi lagi," kata Idris dalam keterangan tertulis, Jumat.

Idris mengatakan, informasi awal yang dia terima dari Dinas Gulkarmat Jakarta Barat, penyebab gedung itu roboh karena kesalahan konstruksi.

Baca juga: Robohnya Bangunan SMAN 96 dan Minimnya Anggaran Rehabilitasi Sekolah di Jakarta

"Bila ternyata benar, ini berarti bahwa kualitas perencanaan rehab gedung sekolah ini belum matang. Padahal menurut dokumen lelang, mereka (kontraktor) akan melakukan rehab ke lima gedung sekolah lainnya yang kontraknya senilai Rp 115 miliar," kata Idris.

Dia meminta pengusutan tersebut bisa lebih mendalam agar peristiwa serupa tak terjadi lagi.

Jangan sampai, kata Idris, peristiwa robohnya atap SMKN 24 Bambu Apus pada Februari 2020 kembali terjadi karena kesalahan kontraktor.

"Sekolah tersebut (SMK 24) direnovasi berat pada 2018 dengan nilai renovasi miliaran rupiah. Tetapi sejak 2019 terdapat indikasi kesalahan konstruksi, akhirnya pada 2020 roboh. Untuk itu, kami juga menghimbau kontraktor dan konsultan perencana bertanggung jawab penuh atas perencanaan dan pengerjaan rehab, karena ini menyangkut nyawa siswa didik," ujar dia.

Idris juga meminta agar Inspektorat Provinsi DKI Jakarta turun tangan menginvestigasi kasus robohnya gedung SMA 96 mulai dari proses pengadaan.

Bila ditemukan indikasi kelalaian atau kecurangan, Inspektorat diminta untuk menempuh jalur hukum dan tidak lagi menggunakan kontraktor yang sama.

"Kita tidak boleh mengambil risiko. Harus ada investigasi tuntas dan serius oleh inspektorat," ujar Idris.

Sebagian gedung sekolah SMAN 96 Jakarta di Jalan Jati Raya Nomor 40 RT 7/RW 12, Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat roboh pada Rabu siang lalu. Empat orang pekerja terluka dalam peristiwa itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com