Kompas.com - 09/05/2022, 06:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memperpanjang liburan sekolah selama tiga hari di tiga provinsi, khususnya di Jabodetabek.

Siswa di daerah tersebut yang sebelumnya dijadwalkan masuk pada Senin (9/5/2022) mendapat liburan tambahan menjadi masuk pada Kamis (12/5/2022).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, keputusan memperpanjang liburan sekolah itu merupakan antisipasi kemacetan arus balik yang diprediksi masih terus berlangsung.

Baca juga: Hindari Kemacetan Arus Balik, Masuk Sekolah di Tangsel Diundur Jadi Kamis 12 Mei 2022

"Perubahan tanggal masuk sekolah setelah liburan Lebaran ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas pada arus balik Lebaran 2022," kata Muhadjir, Jumat (6/5/2022).

Muhadjir menjelaskan, penambahan liburan sekolah juga tidak memengaruhi upaya memperkecil ketertinggalan pembelajaran akibat pandemi.

"Oleh karena itu, kehadiran anak-anak di sekolah dalam pembelajaran tetap penting untuk mengejar ketertinggalan tersebut, dengan tetap memperhatikan disiplin protokol kesehatan," tutur dia.

Jakarta lebih dulu perpanjang liburan sekolah

Berbeda dari dua provinsi lainnya, DKI Jakarta sudah sejak awal menetapkan tanggal masuk liburan Lebaran pada 12 Mei 2022.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor 13505/1.851 tentang Kegiatan Akhir Tahun Pelajaran 2021/2022 yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Baca juga: Kisah Bocah Penyiram Makam, Raup Rp 1 Juta Saat Lebaran, Uangnya Dibelikan HP untuk Sekolah...

"Memang tidak ada kemunduran atau kemajuan, karena memang sudah ditetapkan tanggal segitu. Dari awal (liburan Lebaran) mulai 29 April sampai 11 Mei sesuai dengan rencana kalender pendidikan," ungkap Kasubag Humas Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta, Taga Radja, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (6/5/2022).

Adapun dua provinsi lainnya yaitu Banten dan Jawa Barat yang semula menetapkan hari masuk pada 9 Mei 2022 kini diubah menjadi 12 Mei 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.