Mengungsi, Korban Kebakaran Pasar Gembrong Kesulitan MCK - Kompas.com

Mengungsi, Korban Kebakaran Pasar Gembrong Kesulitan MCK

Robertus Belarminus
Kompas.com - 05/08/2015, 18:11 WIB
Kompas.com/Robertus Belarminus Warga Pasar Gembrong di Jatinegara mengungsi pasca kebakaran di sebuah Mushola. Para warga ini kehilangan tempat tinggal mereka karena kejadian tersebut. Rabu (5/8/2015).
JAKARTA, KOMPAS.com — Puluhan keluarga di RT 12 RW 02 di belakang Pasar Gembrong yang terbakar kehilangan tempat tinggal mereka. Alhasil, sebagian memilih mengungsi di mushala yang letaknya tak jauh dari tempat tinggal.

Salah satunya Muhammad Wardana (44), bapak empat anak yang kini mengungsi bersama istri anak di Mushala Miftahul Jannah. Rumah yang telah ditempati sejak lahir itu kini ludes dilalap api, Selasa (4/8/2015) malam.

"Saya cuma menyelamatkan surat-surat saja, yang lain terbakar semua," kata Wardana kepada wartawan, Rabu (5/8/2015).

Dengan kondisi begini, dirinya mengaku bingung mencari tempat tinggal lagi. Dana untuk membangun rumah pun tidak dimilikinya. Wardana khawatir dengan kondisi anak-anaknya yang harus ikut mengungsi. Pasalnya, di mushala tidak tersedia tempat MCK.

"Kita kesulitannya cuma air bersih sama buat WC," ujarnya.

Pasalnya, kondisi MCK umum yang ada di sekitar lokasi menjadi tak layak karena ikut terbakar. Wardana mengaku bingung untuk kebutuhan mandi, cuci, dan kakus pasca-kejadian ini.

Sementara itu, terkait kebutuhan makan, para pengungsi sejauh ini mendapat bantuan. "Kita dikasih makan cukup. Ada bantuan dari dinas sosial dan tenda buat warga," ujarnya.

Seperti diberitakan, permukiman di belakang Pasar Gembrong mengalami musibah kebakaran, Selasa malam. Api membakar hebat permukiman tersebut sejak pukul 20.00 sampai pukul 23.30. Kebakaran menghanguskan sekitar 25 bangunan semipermanen. Penyebab kebakaran masih simpang siur, tetapi diduga kuat dari sampah yang dibakar di kolong jembatan.

PenulisRobertus Belarminus
EditorHindra Liauw
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM