Saat Tim Pemenangan Agus-Sylvi Batasi Pertanyaan Wartawan... - Kompas.com

Saat Tim Pemenangan Agus-Sylvi Batasi Pertanyaan Wartawan...

Kahfi Dirga Cahya
Kompas.com - 21/11/2016, 15:05 WIB
Nibras Nada Nailufar Calon gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti blusukan ke Pasar Hipli Semanan, Kalideres, Jakarta Barat, Minggu (18/11/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Raut kekecewaan muncul di wajah sejumlah wartawan usai mewawancarai calon gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono, di salah satu restoran di Jakarta Selatan, Senin (21/11/2016).

Perasaan itu tumpah kala mendapati ada aturan yang diterapkan secara tiba-tiba kepada wartawan. Aturan ini berupa batasan pertanyaan dari wartawan kepada Agus.

Salah seorang tim pemenangan Agus-Sylvi, Rachlan Nashidik, sedari awal mengatakan, wartawan dibatasi untuk bertanya tiga pertanyaan. Namun salah seorang tim lainnya membebaskan jumlah pertanyaan kepada Agus.

Masalah muncul saat salah seorang wartawan yang sudah bertanya satu kali, kembali bertanya.

Wartawan: Penghadangan paslon kan masih sering terjadi...

Belum selesai bertanya, Rachlan memotong.

Rachlan: Anda sudah dua loh pertanyaannya. Tiga bahkan.

Perkataan Rachlan disertai gerakan menujuk kepada si wartawan. Situasi itu membuat wartawan lainnya yang juga meliput Agus bingung.

Wartawan tersebut tetap melanjutkan pertanyaannya dengan berjanji ini pertanyaan terakhir.

Kondisi serupa juga sempat terjadi saat Agus berkunjung ke Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (19/11/2016). Alhasil juga membuat sebagian wartawan kecewa.

Salah seorang wartawan media online, Sadad, kecewa lantaran aturan tersebut membatasi kerjanya. Ia tak leluasa untuk mengkritisi pasangan calon karena tak diberikan kesempatan lebih bertanya.

"Saya harap tidak terjadi lagi seperti ini," kata Sadad.

Kompas TV Program "Bagi-bagi Uang" Agus-Sylvi?

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKahfi Dirga Cahya
EditorAna Shofiana Syatiri
Komentar