Anies Salami Para Tetangganya Sebelum Berangkat ke TPS - Kompas.com

Anies Salami Para Tetangganya Sebelum Berangkat ke TPS

Alsadad Rudi
Kompas.com - 19/04/2017, 11:58 WIB
KRISTIANTO PURNOMO Putri Anies Baswedan, Mutiara Annisa (kiri), kandidat calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Anies Baswedan (tengah), dan istri Anies Baswedan, Fery Farhati Ganis (kanan) menggunakan hak suaranya pada pilkada DKI Jakarta putaran kedua di Tempat Pemungutan Suara 28, Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Rabu (19/4/2017). Pilkada DKI Jakarta 2017 putaran kedua diikuti dua pasangan yakni pasangan Basuki Tjahaja Purnama- Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan- Sandiaga Uno. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO


JAKARTA, KOMPAS.com -
Calon gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan tiga, Anies Baswedan, sempat menyalami tetangganya saat dalam perjalanan menuju tempat pemungutan suara (TPS) Pilkada DKI Jakarta putaran kedua, Rabu (19/4/2017).

Dengan ditemani istri serta dua anaknya, Anies berangkat dari rumahnya yang beralamat di Jalan Lebak Bulus II Dalam, Cilandak, Jakarta Selatan, sekitar pukul 10.10.

Anies memberikan suaranya di TPS 28 Kelurahan Cilandak Barat yang hanya berjarak sekitar 200 meter dari rumahnya.

Di TPS tersebut, Anies terdaftar di urutan ke-582. Sementara istri dan anak sulungya, yakni Fery Farhati Ganis dan Mutiara Annisa Baswedan, masing-masing di urutan ke-583 dan ke-584.

Saat Anies keluar rumah, sejumlah tetangganya tampak ada yang sedang berkumpul di teras salah satu rumah. Mengetahui Anies lewat, mereka langsung memanggil Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu pun langsung menghampiri dan menyalami para tetangganya tersebut.

"Doain ya bu," ujar Anies yang berangkat ke TPS dengan mengenakan kemeja putih dan peci hitam.

(baca: Sebelum ke TPS, Anies Berkumpul dengan Orangtua dan Mertuanya)

Meski hanya berjarak sekitar 200 meter, perjalanan Anies menuju TPS memakan waktu hampir 15 menit.

Banyaknya kerumunan orang yang berkumpul di sepanjang rute perjalanannya membuat Anies dan keluarganya tidak bisa langsung sampai ke TPS.

Terpantau beberapa kali mereka menghentikan langkah untuk memenuhi permintaan orang yang mengajak berfoto. Anies dan keluarganya baru tiba di TPS sekitar pukul 10.25.

(baca: TPS Tempat Anies Mencoblos Bernuansa Betawi)

Sebelum masuk ke dalam TPS, ada sekelompok orang yang menyambut Anies dengan menyanyikan shalawat badar. Seperti pemilih lainnya, Anies dan keluarganya sempat duduk di kursi tunggu untuk menunggu panggilan masuk ke bilik suara.

Tak sampai lima menit, Anies dan keluarganya dipanggil oleh petugas untuk giliran masuk ke TPS. Anies mencoblos bersama istri dan anaknya lalu kemudian memasukkan surat suara ke dalam kotak dan mencelupkan jari ke tinta.

Anies dan keluarganya sudah menjalani seluruh proses pemungutan suara dan meninggalkan TPS 28 sekitar pukul 10.35.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisAlsadad Rudi
EditorIndra Akuntono
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM