Anies Yakin Program Rumah DP 0 Persen Bisa Dilaksanakan 2018 - Kompas.com

Anies Yakin Program Rumah DP 0 Persen Bisa Dilaksanakan 2018

Nibras Nada Nailufar
Kompas.com - 12/06/2017, 17:38 WIB
Tim Media Anies-Sandi Gubernur-wakil gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno rapat dengan timnya di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan, Senin (12/6/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan meyakini pogram rumah DP 0 persen yang digagasnya bisa dilaksanakan pada 2018 setelah ia menjabat.

"Insya Allah 2018 kita yakin (bisa)," kata Anies ditemui di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan, Senin (12/6/2017).

Anies mengatakan secepatnya akan merancang payung hukum untuk rumah dengan DP 0 persen tersebut. Program ini dapat cepat terlaksana sebab Pemprov DKI nantinya hanya menyediakan mekanisme pembiayaan.

"Ini kan salah satu mekanisme pembiayaan, jadi supply rumahnya sudah banyak dibangun, yang belum mekanisme pembiayaannya," kata Anies.

Anies mencontohkan saat ini pengembang swasta sudah banyak yang menerapkan kebijakan DP 0 persen. Ia optimis ketika menjabat nanti, banyak pengembang yang minat berinvestasi di DKI.

Baca: Anies Ibaratkan Program Rumah DP 0 Kredit Motor

Anies tak menyebut pengembang mana saja yang akan digandengnya membangun perumahan di Jakarta.

"Iklan itu sudah ada, banyak yang kontak ke kami akan menjalankan DP 0 rupiah, privat aja bisa apalagi pemerintah," katanya.

Kompas TV Sabtu (18/2) kemarin, pasangan Anies-Sandi mengikuti pengajian yang diselenggarakan salah seorang relawan Anies-Sandi, yaitu Raffi Ahmad. Seusai pengajian, pasangan nomor urut tiga itu menanggapi pro dan kontra terkait program rumah tanpa uang muka yang mereka gulirkan. Menurut Anies dan Sandi, program itu sudah diterapkan di negara lain. Bahkan, jika mengacu pada aturan Bank Indonesia, hal itu bisa diterapkan di Indonesia.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisNibras Nada Nailufar
EditorFidel Ali
Komentar