Jalan Dewi Sartika Bekasi Berubah Jadi Jalan Dewi Persik di Google Maps - Kompas.com

Jalan Dewi Sartika Bekasi Berubah Jadi Jalan Dewi Persik di Google Maps

Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
Kompas.com - 07/08/2017, 10:55 WIB
Jalan Dewi Sartika Kota Bekasi berubah nama menjadi Jalan Dewi Persik dalam aplikasi Google Maps, Bekasi, Senin (7/8/2017). 
KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Jalan Dewi Sartika Kota Bekasi berubah nama menjadi Jalan Dewi Persik dalam aplikasi Google Maps, Bekasi, Senin (7/8/2017).

BEKASI, KOMPAS.com – Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi membenarkan bahwa dalam aplikasi Google Maps, ada salah satu nama jalan di Bekasi yang tiba-tiba berubah nama.

Jalan yang berubah nama tersebut yakni Jalan Dewi Sartika. Dalam aplikasi itu, kata Effendi, jalan tersebut berubah nama menjadi Jalan Dewi Persik.

“Itu ada yang usil sehingga jadi Jalan Dewi Persik, tetapi sebenarnya tetap itu Jalan Dewi Sartika, karena dari saya SMP jalan itu ya Dewi Sartika,” ujar Rahmat saat ditemui di Alun-alun Kota Bekasi, Senin (7/8/2017).

(Baca juga: Ada Proyek Becakayu, Jalan Kalimalang Diberlakukan Satu Arah)

Atas perubahan nama jalan dalam aplikasi tersebut, Pemkot Bekasi akan membuat surat keluhan ke pihak pengembang aplikasi terkait.

“Mau beri nama (jalan) saja kita selametan, masa main ganti-ganti nama saja,” kata Rahmat.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Yayan Yuliana. Ia mengatakan, Pemkot Bekasi tidak pernah mengganti nama jalan tersebut.

“Kita jangankan mengganti jalan yang sudah eksis puluhan tahun ya. Kita mau memberi nama saja hati-hati. Nama pahlawan tiba-tiba diganti kan enggak lucu,” kata Yayan.

Kendati demikian, menurut Yayan, sampai saat ini pihaknya belum mengetahui apakah ada orang yang sengaja mengganti nama jalan tersebut atau tidak.

Ia menyatakan keberatan jika nama jalan tersebut diganti tanpa ada pemberitahuan ke Pemkot Bekasi.

(Baca juga: Pemkot Bekasi Sambut Positif Rencana Bangun Jalan Aspal Dicampur Sampah Plastik)

Menurut dia, harus ada mekanisme yang dilakukan dan ada konfirmasi terlebih dahulu jika ingin mengubah nama jalan yang digunakan untuk publik. 

Yayan juga menyampaikan, Dishub dan Diskominfo Kota Bekasi sudah berkoordinasi untuk melayangkan surat keluhan kepada aplikasi terkait.

Saat Kompas.com mencoba membuka aplikasi Google Maps pada Senin pagi, nama Jalan Dewi Sartika Bekasi masih tertulis sebagai Jalan Dewi Persik.

PenulisAnggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
EditorIcha Rastika
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM