Djarot: Bangsa Ini Akan Maju atau Mundur, Salah Satunya di Tangan Guru - Kompas.com

Djarot: Bangsa Ini Akan Maju atau Mundur, Salah Satunya di Tangan Guru

Nursita Sari
Kompas.com - 12/08/2017, 11:59 WIB
Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menghadiri acara silaturahmi bersama 1.600 kepala sekolah di tingkat SD, SMP, dan SMA se-DKI Jakarta di Gedung Yayasan Budha Tzu Chi, Jakarta Utara, Sabtu (12/8/2017).KOMPAS.com/NURSITA SARI Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menghadiri acara silaturahmi bersama 1.600 kepala sekolah di tingkat SD, SMP, dan SMA se-DKI Jakarta di Gedung Yayasan Budha Tzu Chi, Jakarta Utara, Sabtu (12/8/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menghadiri acara silaturahmi bersama 1.600 kepala sekolah di tingkat SD, SMP, dan SMA se-DKI Jakarta di Gedung Yayasan Budha Tzu Chi, Jakarta Utara, Sabtu (12/8/2017).

Djarot mengingatkan para kepala sekolah dan guru untuk mendidik para siswa dengan baik.

"Ingatlah masa depan anak bangsa ada di tangan Anda semua. Bangsa ini akan maju, mundur, menjadi bangsa pemenang, terletak salah satunya di tangan Anda," ujar Djarot.

Baca juga: Djarot Ingin Jalur Cepat dan Lambat di Jalan Rasuna Said Dihilangkan

Selain itu, Djarot meminta guru-guru untuk tidak sekadar menjadi pengajar, melainkan pendidik. Tugas seorang guru, kata Djarot, bukan hanya mengajar dan menyampaikan ilmu pengetahuan, tetapi lebih penting untuk mendidik karakter dan budi pekerti.

"Bukan sekadar pengajar, tapi pendidik. Anda juga didorong untuk bisa memberikan pemahaman kepada orangtua siswa karena pendidikan dasar di masing-masing rumah, masing-masing keluarga," kata Djarot.

Dalam kesempatan tersebut, Djarot dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta memberikan penghargaan kepada sekolah-sekolah yang mendapatkan nilai terbaik dalam pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) 2017.

Djarot berharap para pendidik di Jakarta yang menghasilkan siswa-siswi terbaik dapat ditiru oleh pendidik di provinsi lainnya.

"Saya percaya Anda mampu menjadi teladan yang menyinari dan memberi inspirasi bukan hanya di Jakarta, tapi Indonesia. Prestasi Jakarta akan mendorong prestasi provinsi lain," ucapnya.

Baca juga: Djarot: Kalau Tidak Ada Niat Melunasi Tunggakan Rusun, Keluar Saja..

Adapun peraih nilai UNBK terbaik yakni SD Swasta Kartika X-7, SMPN 115 Jakarta, SMKN 26 Jakarta, SMAN Unggulan MH Thamrin (program Ilmu Pengetahuan Alam), SMAN 8 Jakarta (program Ilmu Pengetahuan Sosial), SMAN 33 Jakarta (Program Bahasa).

Kompas TV Djarot, Gubernur DKI Jakarta - The Interview with Tukul

PenulisNursita Sari
EditorFarid Assifa
Komentar