Ahok Janjikan Taman Terpadu untuk Masyarakat

Kompas.com - 07/12/2014, 13:54 WIB
KOMPAS.com/Andri Donnal Putra Ibu-ibu peserta Hari Osteoporosis Nasional 2014 berebutan untuk bisa bersalaman dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Silang Barat Daya Monas, Jakarta, Minggu (7/12/2014).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menginginkan adanya taman terpadu di lingkungan warga. Taman tersebut menjadi pusat kegiatan masyarakat di sekitarnya.

Taman terpadu itu, kata Basuki, bukan hanya Posyandu dan perpustakaan, tetapi juga tempat olahraga. Dengan begitu, ucap dia, masyarakat tidak kesulitan mencari sarana dan fasilitas yang sebenarnya sudah disediakan oleh pemerintah, seperti salah satunya puskesmas.

Menurut Basuki, warga masih lebih suka ke rumah sakit meski lokasi rumah sakit tersebut berjauhan dengan lokasi rumahnya. Oleh karena itu, dia ingin agar masyarakat bisa memanfaatkan puskesmas di daerahnya. Dengan begitu, warga tidak perlu jauh-jauh mencari fasilitas kesehatan.

"Kalau ada anggota keluarga lagi sakit, kamu bisa antar dia, balik ke rumah buat masak dulu, terus dibawa lagi. Puskesmas kita juga sudah bagus sekarang," jelas Basuki di Silang Barat Daya Monas, Jakarta, Minggu (7/12/2014).


Pusat kegiatan yang dimaksud pria yang akrab disapa Ahok itu bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Tempat olahraga yang nanti ada di taman, diharapkan Basuki, bisa dimanfaatkan sedemikian rupa oleh masyarakat.

Menurut dia, masyarakat Jakarta bisa menikmati hidup enak kalau rutin berolahraga. "Jadi orang Jakarta kalau enggak olahraga susah. Kita olahraga bentar saja, badan sudah siap buat 10 jam di kantor yang AC semua," ujarnya.

Selain untuk kesehatan, taman terpadu ini juga bisa menjadi pilihan alternatif rekreasi keluarga. Basuki ingin supaya warga Jakarta yang merindukan jalan-jalan di taman yang asri bisa memilih taman terpadu. Seluruh aspek yang ada di dalam taman terpadu itu nantinya akan dikelola oleh PKK, di bawah kepemimpinan Ketua Tim Penggerak PKK Veronica Tan.

Adapun enam taman terpadu, yang sebelumnya disebut taman layak anak, sedang dalam proses pembangunan di Jakarta. Enam lokasi taman tersebut dibangun di enam wilayah Ibu Kota, yaitu Sungai Bambu, Jakarta Utara; Gandaria Selatan, Jakarta Selatan; Cideng, Jakarta Pusat; Cililitan, Jakarta Timur; Kembangan, Jakarta Barat; dan Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorAna Shofiana Syatiri
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X