Ahok: Silakan Bawa Saudara ke Jakarta, asal...

Kompas.com - 03/07/2015, 12:34 WIB
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dapat kejutan ulang tahun ke-49 dari relawannya yang mengatasnamakan Dukung Ahok Gubernur (DAG), di Balai Kota, Senin (29/6/2015). Kompas.com/Kurnia Sari AzizaGubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dapat kejutan ulang tahun ke-49 dari relawannya yang mengatasnamakan Dukung Ahok Gubernur (DAG), di Balai Kota, Senin (29/6/2015).
|
EditorKistyarini
JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tak mempermasalahkan kemungkinan lonjakan penduduk pendatang pasca-Lebaran.

Ia justru mempersilakan warga Jakarta yang mudik ke kampung halaman untuk membawa keluarga atau teman ke Ibu Kota. Namun, ia memberi syarat.

"Saya selalu katakan, Anda silakan bawa saudara ke Jakarta selama dia punya duit. Kalau enggak ada duit, enggak ada tempat tinggal, tetapi punya keahlian jadi pembantu rumah tangga (PRT) ya saya terima," kata Basuki di Balai Kota, Jumat (3/7/2015). 

Sejak tinggal di Jakarta, Basuki mengaku tetangga sekitar rumahnya selalu berpesan kepada PRT mereka ketika pulang kampung.


Kebanyakan mereka berpesan agar ketika kembali ke Jakarta membawa serta teman atau saudara untuk menjadi tenaga PRT. Dengan demikian, semua pendatang terserap dan tidak ada yang menganggur.

"Yang enggak boleh datang itu pendatang yang ke Jakarta cuma buat tinggal di pinggir sungai sama ngerampok," kata Basuki. 

Ia juga mengizinkan pendatang yang ingin menjadi turis, membeli apartemen, dan membangun rumah permanen, Basuki akan mengizinkannya.

"Saya malah bakal kasih mereka KTP DKI supaya pajak penghasilan Anda waktu bayar ke pemerintah pusat itu 20 persen dibagi ke DKI. Selama orang mau pindah KTP DKI, saya bantu loh selama ada duitnya dan punya pekerjaan," kata Basuki.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X