Lorena Duga Bus Transjakarta Mereka yang Terbakar karena Korsleting AC

Kompas.com - 03/07/2015, 13:51 WIB
KOMPAS.COM/ALDO FENALOSA Bus transjakarta bermerek Komodo yang dioperasikan PT Eka Sari Lorena terbakar habis di halte Salemba UI, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Jumat (3/7/2015).
JAKARTA, KOMPAS.com  Pihak PT Eka Sari Lorena selaku pengelola bus transjakarta yang terbakar di Halte Salemba UI, Jakarta Pusat, menyatakan, penyebab terbakarnya bus bernomor lambung LRN-045 akibat korsleting.

"Dugaan sementara dari kabel AC korsleting, lalu merambat ke atas," kata General Manajer Lorena Busway, Andy Saragih, saat dihubungi, Jumat (3/7/2015).

Menurut dia, kabel AC terletak di bagian atas bus. Kabel ini pun tersembunyi di dalam badan bus. Ia menampik bahwa pihaknya abai melakukan perawatan AC sehingga hal itu terjadi.

"Perawatan AC pasti, cuma namanya kalau kabel AC, kan ada di dalam, jadi kita enggak bisa lihat. Enggak bisa prediksi (bakal korsleting). Tetapi, ini masih dugaan awal," ujar Andy.

Dia mengatakan, pihak Lorena akan menarik bus tersebut ke pul. Setelahnya, akan dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab terbakar. "Kita akan cek lagi semua, penyebab kebakarnya gimana," ujar dia.

Sebelumnya, bus transjakarta dengan operator Lorena terbakar di Halte Salemba UI. Api melahap habis seluruh bus dan halte transjakarta. Kebakaran terjadi saat bus hendak menurunkan penumpang. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorDesy Afrianti

Close Ads X