Kompas.com - 06/12/2016, 12:11 WIB
|
EditorIcha Rastika

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono menyebut serapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2016 hingga akhir November ini mencapai 62 persen dari total Rp 67,1 triliun.

Dia berharap, satuan kerja perangkat daerah (SKPD) masih terus dapat menyerap anggaran. Sebab, banyak pembayaran yang dilakukan pada akhir tahun.

"Kemarin (serapan anggaran) yang dilaporkan 62 persen. Satu minggu ini mungkin 20 persen akan bertambah (serapan anggarannya), karena sekarang memang bulan bulan pertangungjawaban," kata Sumarsono, di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (6/12/2016).

(Baca juga: Percaya Diri Sumarsono Ciptakan Sejarah Baru Percepatan APBD DKI)

Sumarsono mengakui, penyerapan anggaran ini mengalami keterlambatan. Sebab, ada beberapa proyek yang dihentikan dan adanya keterlambatan dalam pembebasan lahan.

Salah satu proyek yang terlambat itu adalah proyek mass rapid transit (MRT).

Ia berharap, pembebasan lahan proyek MRT di Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete, Haji Nawi, Blok A dapat segera selesai.

"Dengan demikian, dua minggu ke depan, apabila semuanya lancar, target 85 persen serapan anggaran pada pertengahan Desember bisa tercapai, dan akhir Desember 90 persen bisa direalisasikan," kata Sumarsono.

(Baca juga: Apakah Penetapan Perda APBD DKI 2017 Akan Terlambat?)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.