Rekapitulasi Penghitungan Suara, Anies-Sandi Menang di Jakarta Selatan - Kompas.com

Rekapitulasi Penghitungan Suara, Anies-Sandi Menang di Jakarta Selatan

Kompas.com - 23/02/2017, 21:40 WIB
KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (kiri), Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Anies Baswedan (kedua dari kiri), calon wakil gubernur DKI Jakarta no urut 3, Sandiaga Uno (kedua dari kanan) dan Presiden Partai Keadilan Sejahtera, Sohibul Iman berfoto bersama usai memberikan keterangan pers di Kantor DPP Partai Gerindra, Jakarta Selatan, Rabu (15/2/2017). Anies mengucapkan terima kasih kepada warga Jakarta yang telah berpartisipasi memberikan hak suaranya dalam pemilihan kepala daerah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan cagub-cawagub nomor pemilihan tiga DKI Jakarta, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, menang di Jakarta Selatan pada Pilkada DKI Jakarta.

Hal itu diketahui berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilkada DKI Jakarta yang dilakukan KPU Jakarta Selatan, Kamis (23/2/2017).

Berdasarkan data yang diterima Kompas.com dari Komisioner KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos, Anies-Sandi menang dengan perolehan 557.767 suara.

Kemudian, pasangan cagub-cawagub nomor pemilihan dua, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat, menempati urutan kedua dengan mengantongi 465.524 suara.

Sementara itu, pasangan calon nomor pemilihan satu, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, berada di urutan ketiga dengan perolehan 177.363 suara.

"Total perolehan 1.200.654," ujar Betty melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Kamis malam.

(Baca juga: Rekapitulasi Penghitungan Suara di Jakarta Utara, Ahok-Djarot Unggul )

Rekapitulasi di tingkat kota ini dilakukan setelah rekapitulasi di kecamatan-kecamatan di Jakarta Selatan selesai pada Rabu (22/2/2017).

Setelah di tingkat kota/kabupaten, rekapitulasi akan dilakukan di tingkat provinsi yang akan digelar pada Minggu (26/2/2017).

Hasil rekapitulasi berjenjang ini merupakan hasil resmi penghitungan suara Pilkada DKI Jakarta 2017 yang dilakukan KPU DKI Jakarta.

Rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kabupaten/kota telah selesai dilaksanakan di lima wilayah.

(Baca juga: Rekapitulasi Suara di Jakarta Pusat, Ahok-Djarot Unggul )

Selain Jakarta Selatan, rekapitulasi juga telah selesai di Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Kepulauan Seribu.

Ahok-Djarot menang di empat wilayah lainnya. Sementara itu, rekapitulasi di Jakarta Timur belum selesai dan dilanjutkan Jumat (24/2/2017) besok.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorIcha Rastika

Close Ads X