Uji Coba Tilang Elektronik, Kamera CCTV Dipasang di 3 Titik di MH Thamrin

Kompas.com - 19/09/2018, 17:38 WIB
Polrestabes Bandung mulai memberlakukan sistem e-tilang melalui pemantauan CCTV  yang terpasang di 72 titik tersebar di seluruh wilayah Kota Bandung, Rabu (4/10/2017).KOMPAS.com/Putra Prima Perdana. Polrestabes Bandung mulai memberlakukan sistem e-tilang melalui pemantauan CCTV  yang terpasang di 72 titik tersebar di seluruh wilayah Kota Bandung, Rabu (4/10/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah menyampaikan kamera closed circuit television ( CCTV) akan dipasang di tiga titik selama uji coba tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE).

Ketiga titik itu berada di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

"Satu di Simpang Patung Kuda (patung Arjuna Wiwaha Monas), yang kedua Simpang Kebon Sirih, satunya lagi di Simpang Sarinah. (Dipasang) 6 kamera CCTV, kan, bolak-balik," ujar Andri, di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (19/9/2018).

Baca juga: E-Tilang di Jakarta Dinilai Harus Segera Dijalankan, Jangan Hanya Diuji Coba


Andri menyampaikan tilang elektronik akan diuji coba pada Oktober untuk menguji tingkat ketajaman kamera CCTV dan sistem yang dipasang Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Kamera CCTV yang dipasang merupakan milik Ditlantas Polda Metro Jaya.

Menurut Andri, Dishub sebenarnya menawarkan kamera CCTV yang telah dipasang di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin untuk uji coba tilang elektronik.

Baca juga: Istana Dorong Polri, MA, dan Kejagung Matangkan Sistem E-Tilang

Namun, kamera CCTV milik Dishub DKI itu kurang tajam menangkap gambar pelat nomor kendaraan pelanggar lalu lintas.

Oleh karena itu, Dishub DKI hanya membantu menyiapkan tiang untuk memasang kamera CCTV Ditlantas Polda Metro Jaya.

"Kami mempersilakan kalau (kamera) CCTV kami dipergunakan untuk kelengkapan ETLE, tetapi setelah dilihat dari pihak Ditlantas Polda Metro Jaya, ketajamannya itu tidak sampai 50-75 meter, makanya Ditlantas yang akan memasang," kata Andri.

Baca juga: Program E-Tilang Diluncurkan, Bayar Tilang Jadi Lebih Mudah

Ditlantas Polda Metro Jaya sebelumnya menilai perlu ada pembaharuan dalam sistem penindakan para pelanggar lalu lintas di Jakarta.

Oleh karena itu, Ditlantas Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Dinas Perhubungan DKI dan Kementerian Komunikasi dan Informasi menggagas sistem ETLE.

Sistem itu mengandalkan kamera CCTV berteknologi canggih.

Baca juga: Polisi Segera Bahas Persiapan Penerapan E-tilang dengan Dishub DKI

Kamera yang dapat membidik hingga jarak 10 meter itu dapat menangkap foto atau meng-capture para pelanggar lalu lintas dan dapat melakukan pengawasan selama 24 jam.

Sistem itu akan diuji coba pada Oktober mendatang.




Close Ads X