Kecelakaan Bus Transjakarta Kerap Terjadi, Ini Kata Dirutnya - Kompas.com

Kecelakaan Bus Transjakarta Kerap Terjadi, Ini Kata Dirutnya

Kompas.com - 11/10/2018, 19:26 WIB
Armada Transjakarta Koridor 1 Blok M-Kota menabrak separator di Jalan Jenderal Sudirman ke arah Bundaran Senayan, Selasa (9/10/2018) siang.Dok. Akun Twitter @TMCPoldaMetro Armada Transjakarta Koridor 1 Blok M-Kota menabrak separator di Jalan Jenderal Sudirman ke arah Bundaran Senayan, Selasa (9/10/2018) siang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono berkomentar soal kecelakaan bus transjakarta yang kerap terjadi belakangan ini.

Menurut Budi, tidak semua kecelakaan itu karena kesalahan pengemudi bus.

"Ada beberapa yang karena menghindar karena ada mobil masuk busway, ada orang nyebrang, jadi sopir secara spontan menghindar," ujar Budi di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Kamis (11/10/2018).

Baca juga: Transjakarta Mengangkut Siswa Penonton Asian Para Games Terperosok Selokan di Lebak Bulus

Sejak kebijakan ganjil genap, kendaraan yang melintas semakin kencang. Terkadang, kata dia, kendaraan juga masuk area separator.

Budi tidak menjelaskan kasus kecelakaan di mana yang dia maksud. Meski demikian, Budi juga mengakui, beberapa kecelakaan disebabkan kelalaian sopir.

Budi mengatakan, untuk urusan ini pihaknya akan bertindak tegas. Bahkan, sopir yang lalai bisa dipecat meski tidak mengalami kecelakaan.

"Kalau kejadian main HP, enggak usah kecelakaan pasti sudah kita cut," kata dia.

Beberapa hari ini, bus transjakarta terlibat kecelakaan. Bus transjakarta yang beroperasi di koridor 1 Blok M-Kota menabrak separator di Jalan Jenderal Sudirman ke arah Bundaran Senayan, Selasa (9/10/2018) siang.

Baca juga: Lagi, Bus Transjakarta Tabrak Separator di Sudirman

Kemudian, pada Kamis hari ini, satu bus transjakarta di koridor 1 kembali menabrak separator di Jalan Jenderal Sudirman sekitar Karet.

Pada sore harinya, bus transjakarta yang akan mengangkut siswa disabilitas untuk menonton pertandingan Asian Para Games 2018 terperosok ke dalam got di Jalan Lebak Bulus III, Pondok Labu, Jakarta Selatan.



Close Ads X