Eko Prasojo dan Ubedilah Belum Terima Permohonan Resmi PKS untuk Jadi Penguji Cawagub DKI

Kompas.com - 02/01/2019, 20:19 WIB
Penulis Nursita Sari
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pakar Kebijakan Publik dari Universitas Indonesia (UI) Eko Prasojo mengaku belum menerima permohonan resmi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang meminta dirinya jadi tim fit and proper test.

Karena itu, Eko belum memutuskan bersedia atau tidak menjadi anggota tim yang akan menguji calon wakil gubernur DKI Jakarta itu.

"Saya masih mempelajari. Permintaan resmi juga belum ada," ujar Eko melalui pesan singkat, Rabu (2/1/2019).

Menurut Eko, PKS baru menghubunginya secara informal. Dia masih menunggu permohonan resmi dari PKS.

Baca juga: PKS Ajukan Pakar dari UI dan Pengamat UNJ Jadi Tim Penguji Cawagub DKI

Pengamat Politik dari Universitas Negeri Jakartra (UNJ) Ubedilah Badrun juga menyampaikan hal serupa. Ubedilah mengaku pernah dihubungi PKS DKI Jakarta dan diminta menjadi anggota tim fit and proper test. Namun, dia belum menerima kabar terbaru dari PKS.

"(PKS) sudah menghubungi saya, tapi surat resminya saya belum tahu," kata Ubedilah saat dihubungi terpisah.

Meskipun demikian, Ubedilah mengaku bersedia menjadi anggota tim fit and proper test untuk menguji kandidat wagub pengganti Sandiaga Uno itu. Asalkan, tugas yang ia jalankan nantinya sesuai dengan kaidah dan prinsip-prinsip ilmiah.

"Saya bilang, saya bersedia kalau itu resmi dan saya sebagai akademisi secara netral akan berfungsi secara obyektif. Kalau itu sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah, akademik, dan sesuai prosedur, saya siap," ucap Ubedilah.

Ketua DPW PKS DKI Jakarta Syakir Purnomo mengakui bahwa pihaknya belum mengirimkan surat permohonan resmi kepada Eko dan Ubedilah.

Baca juga: PKS Ajukan Tiga Kandidat Wagub DKI, Anies Berharap Segera Mengerucut

Menurut Syakir, PKS DKI akan mengirimkan surat itu pada Kamis (3/1/2018) besok.

Meskipun belum ada surat resmi, PKS sudah menjalin komunikasi dengan Eko dan Ubedilah.

"Alhamdulillah, beliau berdua berkenan membantu untuk memberikan yang terbaik bagi warga Jakarta. Insya Allah, surat permohonan sebagai tim fit and proper test dari PKS akan disampaikan hari Kamis besok," ujar Syakir saat dikonfirmasi.

Adapun PKS telah memilih tiga kadernya sebagai kandidat wagub DKI yang akan mengikuti fit and proper test bentukan PKS dan Gerindra. Tiga kader itu yakni Ahmad Syaikhu, Agung Yulianto, dan Abdurrahman Suhaimi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.