Jajal Jarak dari "Park and Ride" ke Stasiun-stasiun MRT, Butuh Berapa Lama?

Kompas.com - 21/03/2019, 10:07 WIB
Kondisi Pool Lorena, di Jalan Kartini, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2019). Lahan Pool Lorena ini rencananya akan dijadikahn lokasi park and ride bagi para pengguna kereta MRT Jakarta.KOMPAS. COM/CYNTHIA LOVA Kondisi Pool Lorena, di Jalan Kartini, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2019). Lahan Pool Lorena ini rencananya akan dijadikahn lokasi park and ride bagi para pengguna kereta MRT Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko mengatakan, PT MRT Jakarta akan menyiapkan prasarana parkir serta titik penjemputan ojek online di stasiun- stasiun MRT.

Fasilitas  park and ride hanya akan disediakan di kawasan pinggiran, seperti Stasiun Lebak Bulus dan Stasiun Fatmawati.

Sejumlah lahan yang diusulkan ialah lahan eks kavling Polri, Jakarta Tourisindo, South Quarter, pul Lorena, dan Buperta Ragunan.

Kompas.com mendatangi beberapa lahan parkir yang diusulkan tersebut.


Baca juga: Ini Tarif Park and Ride MRT Lebak Bulus di Eks Lahan Polri

Salah satu lokasi parkir yang disediakan adalah eks lahan Polri di Jalan RA Kartini di Lebak Bulus. Lahan tersebut memiliki luas 8.000 meter persegi.

Butuh waktu sekitar 7 menit jalan kaki untuk menjangkau lokasi itu dari Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Di lahan seluas 8.000 meter persegi tersebut, para petugas tengah memasang manless gate

Kondisi tanah di lokasi tersebut belum sepenuhnya rata. Beberapa bagian masih bergelombang dan belum dibeton atau diaspal.

Kepala Unit Pengelola (UP) Parkir DKI Jakarta Muhammad Faisal mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan tarif parkir di eks lahan Polri tersebut.

Faisal mengatakan, mobil akan dikenai tarif Rp 5.000. Sementara sepeda motor dikenai tarif Rp 2.000 secara flat.

Eks lahan Polri di Jalan RA Kartini merupakan satu-satunya park and ride MRT Lebak Bulus yang siap dioperasikan. Telah terpasang gate atau gerbang masuk di area tersebut.

Lahan yang ditargetkan menjadi park and ride lain di Stasiun MRT Lebak Bulus ialah pul Lorena yang juga berada di Jalan RA Kartini. Di sana belum terlihat pemasangan gate.

Lahan seluas dua hektare itu hanya sekitar 1,3 kilometer dari Stasiun Lebak Bulus. Jika ditempuh dengan jalan kaki, sekitar lima menit.

Halaman:



Close Ads X