Anak Zaman Now Ribut-ribut Zaky dan Safira di Soal UN, Begini Ceritanya...

Kompas.com - 04/04/2019, 15:20 WIB
Sejumlah siswa SMA Negeri 4 Medan berada diantara sejumlah bangku yang kosong saat saat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari pertama, di Medan, Sumatera Utara, Senin (1/4/2019) sore. Sedikitnya 200 siswa di sekolah tersebut tidak dapat mengikuti ujian soal Bahasa Indonesia pada hari pertama UNBK karena jaringan komputer terserang virus.ANTARA FOTO/IRSAN MULYADI Sejumlah siswa SMA Negeri 4 Medan berada diantara sejumlah bangku yang kosong saat saat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari pertama, di Medan, Sumatera Utara, Senin (1/4/2019) sore. Sedikitnya 200 siswa di sekolah tersebut tidak dapat mengikuti ujian soal Bahasa Indonesia pada hari pertama UNBK karena jaringan komputer terserang virus.

JAKARTA, KOMPAS.com – Keluh kesah para siswa usai mengerjakan ujian nasional (UN) matematika mewarnai kolom komentar akun media sosial Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI.

Sebagian besar komentar diwarnai lelucon mengenai soal ujian matematika yang tak terduga.

Salah satu soal tersebut merupakan soal esai menyangkut dua tokoh bernama Zaky dan Safira.

Baca juga: 2 Siswa Tunarungu di Bekasi Jalani Ujian Nasional

Siswa diminta menghitung kemungkinan password atau kata kunci yang bisa dibuat Zaky maupun Safira yang hendak membuat akun e-mail.

Password yang dipakai mesti mengombinasikan unsur nama dan angka sebanyak delapan karakter.

"Saya heran sama SAFIRA, katanya membuat password 8 karakter. Tapi di contohnya SAFIRA123, SAFIRA321, 456SAFIRA, 046SAFIRA, itu kan 9 karakter. SAFIRA yang buat password, saya yang pusing:))," tulis pemilik akun @naufalnazh di akun instagram @kemdikbud.ri.

Baca juga: Cerita Risti Menghadapi UNBK: Tertatih Lewati Jembatan Darurat, hingga Hanya Menggunakan Sandal Jepit

Seloroh tak kalah kreatif disampaikan pemilik akun @safirahastina_.

Berbekal nama depan yang sama dengan tokoh dalam soal esai itu, ia berkomentar, "Iya.. sebenarnya kita tunangan pak. si zaki yang pea password nya lupa, saya mah inget sebenernya.."

"Semoga abis ini Zaky ga minta buatin caption Instagram:)," kata akun @kendallajnr.

Baca juga: Melihat Semangat Siswa Berkebutuhan Khusus Jalani Ujian Nasional...

Komentar-komentar tersebut disampaikan dalam salah satu konten Instagram @kemdikbud.ri yang juga menjadikan Zaky dan Safira sebagai sorotan ujian nasional pada Selasa (2/4/2019).

"Untuk #SahabatDikbud yang sudah mengerjakan ujian matematika hari ini, terima kasih sudah membantu Zaky dan Safira membuat password," tulis akun @kemdikbud.ri

Sejak diunggah dua hari lalu, unggahan foto tersebut telah dibanjiri hingga 38 ribu komentar hingga artikel ini dibuat.

Baca juga: Setelah Raih Emas di Malaysia, Zohri Ikut Ujian Nasional di Jakarta

Komentar serupa juga disampaikan di laman Facebook Kemdikbud. Tak jauh berbeda, Zaky dan Safira tetap jadi sorotan.

"Jangan-jangan besok disuruh listening Zaki sama Safira bertengkar nih. Terus cari apa penyebab bertengkarnya Zaki sama Safira. Duhh,” tulis pemilik akun Rina Silfi merujuk penyelenggaraan ujian nasional bahasa Inggris pada Kamis (4/4/2019).

Ujian nasional tingkat SMA dan sederajat digelar pada 1,2,4, dan 8 April 2019.

Baca juga: Zohri Ujian Nasional di Ragunan Jakarta Bukan di Mataram Lombok

Para siswa diuji dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran jurusan.

Sebesar 97,8 persen Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan 2,2 persen Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP), sementara UN SMA/MA susulan akan dilakukan pada 13 April hingga 14 April 2019.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X