Tukar Sampah dengan Ikan di Pasar Modern Muara Baru, Bagaimana Caranya?

Kompas.com - 23/04/2019, 12:17 WIB
Perum Perindo mengadakan program penukaran sampah botol plastik dengan ikan di Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta Utara, Selasa (23/4/2019). Kompas.com / Tatang Guritno Perum Perindo mengadakan program penukaran sampah botol plastik dengan ikan di Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta Utara, Selasa (23/4/2019).

JAKARTA,  KOMPAS.com - Perusahaan Umum (Perum) Perikanan Indonesia (Perindo) menggelar penukaran sampah dengan ikan untuk memperingati Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April.

Penukaran sampah dengan ikan dilaksanakan pada Selasa (23/4/2019) mulai pukul 08.00 hingga 12.00 di Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta Utara.

Direktur Operasional Perum Perindo Farida Mokodompit mengatakan, acara ini bertujuan ikut ambil bagian mengurangi sampah di lingkungan sekitar.

Baca juga: Mudahnya Memulai Diet Sampah Plastik...


"Kami memaknai semangat Hari Kartini untuk memperindah negeri dengan bersih-bersih, karena ciri khas Perum Perindo adalah ikan, maka kami adakan aksi tukar sampah dengan ikan," ujar Farida, Selasa.

Menurut Farida, kegiatan tersebut juga untuk mengingatkan masyarakat tentang bahaya dampak sampah anorganik.

"Karena sampah anorganik tidak bisa diurai selama bertahun-tahun, jadi harus dikurangi," ucapnya.

Baca juga: Perempuan Ini Tega Buang 7 Ekor Anak Anjing Berusia 3 Hari ke Tong Sampah

Oleh karena itu, lanjut dia, hanya sampah anorganik berupa botol plastik yang dapat ditukarkan dengan ikan.

"Ada dua syarat, pertama botol plastik yang ditukar harus bersih dan tanpa merek tertentu. Kedua, sampah botol plastik harus mencapai berat satu kilogram," kata Farida.

Ia mengatakan, botol plastik satu kilogram dapat ditukarkan ikan dengan berat yang sama.

"Program ini terbuka untuk umum, mulai dari ibu rumah tangga, petugas kebersihan hingga para pedagang pun antusias mengikuti program ini," ujarnya. 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X