Belajar dari Listrik Padam, Warga Jakarta Akan Diminta untuk Pasang Panel Surya

Kompas.com - 07/08/2019, 20:19 WIB
Pemandangan di salah satu warung makan di tepi Jalan Mampang Prapatan Raya, Jakarta Selatan, Minggu (4/8/2019), menjelang pukul 19.00 WIB. KOMPAS.com/PALUPI ANNISA AULIANIPemandangan di salah satu warung makan di tepi Jalan Mampang Prapatan Raya, Jakarta Selatan, Minggu (4/8/2019), menjelang pukul 19.00 WIB.

JAKARTA, KOMPAS.com - Belajar dari pengalaman padamnya listrik di DKI Jakarta pada Minggu (4/8/2019) lalu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan meminta warga DKI Jakarta untuk mulai menyediakan panel surya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, Jakarta sudah seharusnya memiliki banyak generator atau pembangkit listrik.

Apalagi, Jakarta saat ini tengah berusaha untuk melakukan peralihan ke energi terbarukan dan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.

Baca juga: Akibat Mati Listrik Dua Hari, Alfamart Merugi Rp 20 Miliar

"Kita ingin agar lebih banyak lagi generator listrik di Jakarta, pembangkit listrik yang ada di mana-mana. Dan surya adalah salah satu sumber yang paling memungkin di kota seperti Jakarta. Untuk rumah-rumah, intinya bangunan-bangunan di Jakarta, baik perkantoran maupun perumahan," ucap Anies di Balairung, Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2019).

Ia menyebut bahwa dirinya sudah melakukan pembicaraan dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignatius Jonan pada Jumat (2/8/2019) lalu.

Dalam pembicaraannya rencana tentang panel surya ini akan disusun dalam bentuk kerangka kerja, kemudian dibahas bersama.

"Ini juga bahan pembicaraan dengan Pak Menteri ESDM hari Jumat kemarin. Jadi sesungguhnya kami bertemu saat hari Jumat kemarin, kami membicarakan juga soal pemanfaatan tenaga surya untuk Jakarta. Baru hari Jumat, hari Minggu ada kejadian ( listrik padam)," ujarnya.

Meski demikian, Anies belum bisa memastikan kapan waktu resmi panel surya akan diterapkan di Jakarta, khususnya di rumah warga.

Baca juga: Kompensasi Pemadaman Listrik, Tagihan Warga untuk Bulan Depan Akan Dikurangi

"Itu detailnya nanti disusun dengan roadmap yang memakai ukuran yang jelas. Jadi kalau kita tebak-tebak waktu, (akan menjadi) masalah. Tapi yang jelas, sesegera mungkin," tutur Anies.

Sementara itu General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) Ikhsan Asaad menyebut saat ini sudah ada 400 warga Jakarta yang juga menggunakan solar rooftop.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X