Puluhan Ular Bermunculan Selama Banjir di Kota Bekasi

Kompas.com - 14/01/2020, 16:20 WIB
Ilustrasi ular shutterstockIlustrasi ular

BEKASI, KOMPAS.com - Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi mengevakuasi 70 ekor ular selama banjir merendam perumahan warga, terhitung sejak 1 Januari 2020 hingga 13 Januari 2020.

Eko Budi, eksekutor rescue Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi menjelaskan, ular-ular ini bermunculan lantaran banjir juga melanda tempat ular-uar bersarang.

"Banyak laporan dari masyarakat terkait ular di lingkungannya akibat banjir kemarin. Itu ada 70 anak dan indukan ular berhasil kami evakuasi," ujar Eko, Selasa (14/1/2020).

"Paling banyak laporan di Bekasi Barat," imbuhnya.

Baca juga: Kasus Ular Kecil di Tubuh Jenazah, Anak Kobra Disebut Lebih Berbahaya daripada yang Dewasa

Eko mengatakan, 40 dari 70 ekor ular yang dievakuasi petugas berjenis ular kobra yang notabene berbisa. Ular kobra yang dievakuasi bervariasi, dari indukan maupun anakan.

"Kemudian ular sanca itu kami temukan ada 10, baik yang ukuran besar atau yang kecil. Sisanya seperti ular pipa, kadut, weling, welang," ujar Eko.

"Kami kewalahan juga untuk evakuasi, karena pada keluar semua dari sarangnya," imbuh dia.

Petugas pemadam kebakaran bekerja sama dengan komunitas pencinta reptil guna mengevakuasi ular-ular itu.

Usai dievakuasi ke markas pemadam, ular-ular itu dibawa komunitas pencinta reptil. Komunitas itu turut bantu membekali para petugas pemadam kebakaran soal teknik-teknik evakuasi ular.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X