Damkar Tangsel Basmi Ulat Bulu di Perumahan Hakiki Ciputat dengan Zat Kimia

Kompas.com - 15/01/2020, 16:53 WIB
Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar)  Tangerang Selatan telah menangani keberadaan ulat bulu yang telah dilaporkan oleh warga Perumahan Hakiki Jalan Raya Bukit Indah, Serua, Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa (14/1/2020). Dokumentasi Damkar TangselPetugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Tangerang Selatan telah menangani keberadaan ulat bulu yang telah dilaporkan oleh warga Perumahan Hakiki Jalan Raya Bukit Indah, Serua, Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa (14/1/2020).

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Petugas Pemadam Kebakaran ( Damkar) Tangerang Selatan telah menangani teror ulat bulu yang dilaporkan oleh warga Perumahan Hakiki Jalan Raya Bukit Indah, Serua, Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa (14/1/2020).

Kamandan Peleton (Danton) Grup Charlie Damkar Tangsel Sahroni mengatakan, penyemprotan dengan menggunakan zat kimia dilakukan untuk menangani masalah ulat bulu tersebut.

Zat kimia tersebut biasa digunakan petugas untuk memadamkan api terhadap material yang mudah terbakar seperti kertas dan kayu.


"Alternatif kami memakai foam zat kimia juga khusus buat pemadaman material yang mudah terbakar seperti kertas dan kayu. Dia efek baiknya buat bahan bakar," kata Sahroni, saat dihubungi, Rabu (15/1/2020).

Menurut Sahroni, penggunakan zat kimia tersebut dalam mengatasi keberadaan ulat bulu karena keterbatasan alat pembasmi yang dimiliki oleh damkar.

Baca juga: Warga Perumahan Hakiki Ciputat Diteror Ulat Bulu Sepekan Terakhir

"Sebenarnya kalau ulat bulu, dari kantor kami belum memiliki pembasminya. Karena kita memenuhi panggilan dari warga, takutngmya enggak enak dipanggil warga tapi kita enggak datang," katanya.

Sahroni menjelaskan, namun untuk hasil pembasmian ulat bulu yang telah dilakukan, saat ini belum dapat dipastikan.

Meski banyak yang ditemukan mati, tetapi keberadaan ulat bulu diprediksi masih akan muncul di perumahan tersebut.

"Kemarin kami semprot banyak. Yang mati ada lah, apakah dia kena busanya saja, tapi kalau menurut saya, kalau disemprot gitu bukan semakin hilang, tapi yang di atas pohonnya itu jatuh, masih ada," katanya.

Baca juga: Teror Ulat Bulu di Perumahan Hakiki Ciputat, Beberapa Warga Terserang Gatal-gatal

Sebelumnya, warga perumahan dibuat resah setelah munculnya ratusan ulat bulu selama sepekan terkahir.

Kemunculan ulat bulu itu berawal dari lahan kosong yang tak jauh dari perumahan tersebut.

Tak lama, ulat bulu kian menyebar dan memasuki lapangam badminton yang berada di depan perumahan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X