Wali Kota Tangerang Khawatir Kasus Covid-19 Meningkat Setelah Libur Panjang Akhir Oktober

Kompas.com - 22/10/2020, 16:59 WIB
Ilustrasi liburan terencana Dok. PegiPegiIlustrasi liburan terencana

TANGERANG, KOMPAS.com - Libur panjang akhir pekan 29 Oktober-1 November 2020 dikhawatirkan akan meningkatkan penularan Covid-19 di Kota Tangerang.

"Kita juga ada khawatir (peningkatan Covid-19) minggu depan (saat) libur panjang," ujar Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah saat dihubungi melalui telepon, Kamis (22/10/2020).

Saat ini, lanjut Arief, penularan Covid-19 di Kota Tangerang terus menurun. Terlebih setelah menjalankan PSBB ke-12 selama sebulan.

Baca juga: Cegah Penularan Covid-19, ASN Jakut Diminta Tak Bepergian Saat Libur Panjang

"Ya sudah turun sih lumayan cukup signifikan," kata Arief.

Penurunan bisa terlihat dari jumlah kasus baru per hari di minggu pertama penerapan PSBB ke-12 lalu dengan rata-rata 35 kasus baru per hari.

Pada minggu akhir penerapan PSBB ke-12, rata-rata angka penularan kasus baru per hari hanya mencapai 15 kasus saja dan berhasil menggeser Kota Tangerang dari zona merah ke zona oranye.

Itu sebabnya, Arief berharap agar masyarakat bisa mematuhi protokol kesehatan dan menikmati hari libur tanpa harus tertular Covid-19.

"Kita berharap masyarakat protokol kesehatan benar-benar menerapkan protokol kesehatan," kata dia.

Seperti diketahui PSBB di Kota Tangerang dan wilayah Provinsi Banten lainnya kembali diperpanjang selama satu bulan.

Perpanjangan dimulai per 21 Oktober kemarin sampai dengan 20 November 2020 mendatang.

Dilansir dari situs resmi Pemerintahan Kota Tangerang per Kamis (22/10/2020) Covid-19 bertambah 11 kasus baru. Kini kasus Covid-19 terkonfirmasi menjadi 2.011 kasus.

Dari 2.011 kasus tersebut terdapat 1.737 pasien dinyatakan sembuh, 211 pasien dalam perawatan dan 63 pasien meninggal dunia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X