Dinkes DKI Pastikan Vaksinasi Covid-19 Tetap Jalan Saat Puasa Ramadhan

Kompas.com - 06/04/2021, 15:57 WIB
Vaksinasi Covid-19 bagi kelompok lanjut usia (lansia) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mulai dilaksanakan di BBPK Jakarta Kampus Hang Jebat, Jakarta, Senin (22/3/2021). Vaksinasi Covid-19 ini bisa dilakukan bagi lansia yang memiliki kartu tanda penduduk (KTP) DKI Jakarta dan non-DKI Jakarta. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOVaksinasi Covid-19 bagi kelompok lanjut usia (lansia) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mulai dilaksanakan di BBPK Jakarta Kampus Hang Jebat, Jakarta, Senin (22/3/2021). Vaksinasi Covid-19 ini bisa dilakukan bagi lansia yang memiliki kartu tanda penduduk (KTP) DKI Jakarta dan non-DKI Jakarta.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan DKI Jakarta memastikan vaksinasi Covid-19 di Jakarta tetap berjalan meskipun penerima vaksin sedang menjalankan ibadah puasa pada Ramadhan 2021.

"Tetap jalan selama puasa," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes DKI Jakarta Dwi Oktavia saat dihubungi melalui pesan singkat, Selasa (6/4/2021).

Dwi mengatakan, umat Islam yang menjalankan puasa tidak perlu khawatir ibadah puasanya akan batal karena vaksinasi.

Baca juga: Bagaimana Tahapan Vaksinasi Saat Puasa Ramadhan? Ini Kata Kemenkes

Sebab, kata Dwi, Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah mengeluarkan fatwa terkait dibolehkannya penyuntikan vaksin saat menjalankan ibadah puasa tanpa perlu khawatir ibadah puasa akan batal.

"Ada fatwa MUI-nya (diperbolehkan vaksinasi saat puasa)," kata Dwi.

Penjelasan tersebut juga sudah dijabarkan oleh Kementerian Kesehatan terkait vaksinasi di tengah bulan Ramadhan nanti.

Baca juga: Masjid Istiqlal Buka Selama Ramadhan dengan Kapasitas Terbatas

Juru bicara vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, proses vaksinasi akan dilakukan di siang hari saat seorang muslim menjalankan ibadah puasa.

"Artinya pemberian vaksinasi itu tidak membatalkan puasa," kata Siti Nadia, Minggu (4/4/2021).

MUI pun sudah mengeluarkan Fatwa Nomor 13 Tahun 2021 tentang hukum vaksinasi Covid-19 saat berpuasa.

Dalam fatwa disebutkan bahwa kegiatan vaksinasi tidak memengaruhi ibadah puasa setiap orang yang menjalankan puasa.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X