JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Jusuf Hamka menjadi sorotan usai mengemukakan niat untuk menjadikan 10 hektar tanah miliknya di Rorotan, Jakarta Utara, sebagai lokasi pemakaman jenazah pasien Covid-19.
Pria yang akrab disapa Babah Alun ini sebenarnya sudah sering mendapat sorotan karena aksi-aksi kemanusiaan.
Salah satu wujud kedermawanan Jusuf Hamka adalah menyediakan nasi kuning murah, yakni seharga Rp 3.000, bagi kamu duafa.
Nasi kuning beserta lauk pauknya itu dijual di Warung Nasi Kuning Podjok Halal berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara, sejak 2018.
Selain itu, pria keturunan Tionghoa yang masuk Islam beberapa puluh tahun silam ini memiliki cita-cita mulia mendirikan 1.000 masjid. Beberapa di antaranya sudah terselenggara di Jakarta.
Pengusaha jalan tol Jusuf Hamka sempat berseloroh di hadapan teman-temannya bahwa ia ingin membangun 1.000 masjid. Terlepas dari target itu akan tercapai atau tidak, Jusuf Hamka kemudian mulai menjalankan ucapannya itu pada tahun 2017.
Masjid pertama seluas 300 meter persegi dibangun di kolong Tol Layang Tanjung Priok, Jalan Warakas, Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara.
Setahun kemudian, berdiri lagi satu Masjid Babah Alun di kolong tol Ir Wiyoto, Jalan Pasir Putih, Ancol, Pademangan, Jakarta. Dilansir dari Antara, masjid ini lebih berbentuk mushola karena ukurannya yang kecil.
Masjid Babah Alun ketiga berdiri di pinggiran Tol Depok-Antasari, Cilandak, Jakarta Selatan, di atas tanah seluas 450 meter persegi. Masjid ini diresmikan pada 2020 oleh Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali.
Rencananya, sebanyak dua masjid lainnya akan diresmikan pada tahun ini. Masjid-masjid tersebut berlokasi di Tol Sentul Selatan. Proyek pembangunan masjid selanjutnya ada di Soreang Pasir Koja dan Sumedang, Jawa Barat.
Baca juga: Cerita Jusuf Hamka Geram Ada Kartel Krematorium, Putuskan Bantu Tanpa Lihat Agama
Setiap masjid yang dibangun oleh pria keturunan Tionghoa asal Samarinda, Kalimantan Timur, ini bernuansa Tionghoa dengan campuran ornamen berwarna merah menyala dan kuning emas.
Masjid Babah Alun merupakan akulturasi dari budaya China, Islam, dan Betawi.
Arsitek pembangunan Masjid Babah Alun di pinggiran Tol Depok-Antasari, Asep Maman, menjelaskan bahwa unsur Tionghoa dari masjid tersebut ada di corak bangunan.
Bagian jurai luar bangunan (Nok) pada atap melengkung seperti atap kuil, serta pintu lengkung menyerupai gerbang di kuil Shaolin (Kong Liong), serta ornamen-ornamen berwarna kuning emas di setiap jendela.
Sentuhan budaya Islam ada pada atap dan kubah yang berwarna hijau serta tulisan Asmaul Husna, sedangkan budaya Betawi ada pada pagar yang mengitari lantai atas bangunan masjid.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.