Air Bersih di Jakarta Tinggal 1 Persen, Waktunya Efisiensi - Kompas.com

Air Bersih di Jakarta Tinggal 1 Persen, Waktunya Efisiensi

Aldo Fenalosa
Kompas.com - 22/03/2015, 09:05 WIB
Dok Palyja Denda untuk tindakan ilegal dan pencurian air mutlak diberikan terhadap pelakunya karena melanggar Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, Perda DKI no 11 tahun 1993 dan juga SK Direksi PAM Jaya no 72 tahun 2014.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 60 orang anggota Dompet Dhuafa Indonesia mengkampanyekan peduli air bersih di Car Free Day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (22/3/2015) pagi. Kampanye tersebut merupakan bentuk konsistensi mereka dalam meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap air bersih.

"Berangkat dari kepedulian kita mulai tahun 2010, kampanye ini terus dilakukan agar masyarakat lebih sadar kalau air bersih itu semakin terbatas. Air bersih cuma ada 1 persen di Jakarta," ujar Aditya Sinugraha Pamungkas, Staf Unit Program Semesta Hijau Dompet Dhuafa.

Car Free Day di kawasan Thamrin Jakarta pagi itu bertepatan dengan Hari Air Sedunia setiap tanggal 22 Maret. Kegiatan kampanye peduli air yang dilakukan kelompok Dompet Dhuafa mendapat banyak respon positif dari warga Jakarta yang ada di sana.

Aditya menyebutkan, banyak dari mereka yang tidak tahu persediaan air bersih di Jakarta semakin menipis.

"Banyak pertanyaan tentang jumlah air di Jakarta. Mereka sebelumnya tidak tahu bahwa krisis air mulai mendera ibukota, bahkan Indonesia. Kita ajak mereka agar menggunakan air dengan efektif dan efisien. Kalau ajakan berhemat saja kan kurang jelas," ungkap Aditya.

Kampanye dilakukan dengan melakukan edukasi dan menggelar fun walk di sejumlah titik jalan MH Thamrin.

PenulisAldo Fenalosa
EditorCaroline Damanik
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM