Anak Buah Ridwan Kamil Belajar E-Budgeting ke Pemprov DKI Jakarta - Kompas.com

Anak Buah Ridwan Kamil Belajar E-Budgeting ke Pemprov DKI Jakarta

Kompas.com - 18/02/2016, 21:46 WIB
Alsadad Rudi Rapat input e-budgeting RAPBD DKI 2015 bidang keuangan yang berlangsung bersamaan dengan rapat-rapat bidang lainnya, di Balai Kota, Kamis (19/3/2015)
JAKARTA, KOMPAS.com - Proses penganggaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang sudah dilakukan melalui sistem e-budgeting dan e-planning menarik daerah lainnya untuk belajar. Salah satunya dari jajaran kepemimpinan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang membawahi Pemkot Bandung, Jawa Barat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Yossi Irianto mengatakan, pihaknya sendiri sebenarnya sudah mulai menerapkan proses pengadaan barang berbasis teknologi. Hanya saja penerapannya belum terintegrasi secara bersama.

"Jadi SKPD memang sudah mulai buat, tapi masing-masing saja. Makanya kita ingin belajar banyak proses e-budgeting yang ada di DKI," ujarnya, Kamis (18/2/2016).

Menurut Yossi, para camat dan lurah sudah diminta aktif dan tanggap respon masyarakat berbasis media sosial. Hanya saja kendala birokrasi sipil yang masih kadang kurang siap.

Sementara Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan DKI Sylviana Murni mengatakan, dulunya proses penganggaran memang bisa terjadi tumpang tindih. Setelah dilakukan integrasi melalui e-Planning, lebih mudah dilakukan pengawasan.

"Terobosan demi terobosan terus diciptakan. Sama seperti kalau SKPD mau beli barang, langsung melalui LKPP dengan e-katalognya. Jadi percepatan pekerjaan bisa terus dilakukan," tandasnya.

EditorFidel Ali
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM