Wali Kota Jakarta Utara Gencarkan Program Bedah Sampah - Kompas.com

Wali Kota Jakarta Utara Gencarkan Program Bedah Sampah

Ridwan Aji Pitoko
Kompas.com - 14/09/2017, 14:18 WIB
Pasukan oranye di Jakarta Utara membersihkan saluran air dalam program bedah sampah, Kamis (14/9/2017).Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.com Pasukan oranye di Jakarta Utara membersihkan saluran air dalam program bedah sampah, Kamis (14/9/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi membersihkan Jakarta Utara dari sampah, Wali Kota Husein Murad membuat program baru yang dinamakan "Bedah Sampah".

Dalam program tersebut, Husein meminta para petugas pasukan oranye dan Unit Pelaksana Kerja (UPK) Badan Air Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Utara membersihkan saluran-saluran air di pemukiman warga.

"Program bedah sampah kali ini memang sudah berjalan tiga hari ini sudah berjalan. Saya meminta petugas-petugas oranye dan UPK Badan Air dari Sudin Lingkungan Hidup, Sudin Sumber Daya Air dan seluruh instansi lain agar mengerahkan semua petugas lapangan dengan membedah sampah secara rutin baik pagi, siang, sore, hingga malam hari membersihkan saluran air wilayah atau pemukiman warga," kata Husein kepada pewarta, Kamis (14/9/2017).

Baca: Sampah dan Air yang Hitam di Kali Cideng

Selain sebagai langkah membersihkan lingkungan di wilayah Jakarta Utara dari sampah, Husein menambahkan, pro,gram ini sekaligus menjadi contoh aplikatif bagi masyarakat.

"Program ini bisa jadi contoh positif supaya warga punya kemauan sendiri untuk membebaskan lingkungannya terutama saluran airnya dari sampah," imbuh dia.

Adapun yang menjadi sasaran program bedah sampah selama tiga hari ini adalah saluran-saluran air dan kali-kali kecil maupun besar serta sungai di seluruh Jakarta Utara.

Husein bahkan meminta para camat dan lurah di wilayahnya untuk menggerakkan petugas lapangan dalam membersihkan saluran air.

Tak hanya itu, Husein juga meminta semua pihak agar tegas terhadap siapapun yang kedapatan membuang sampah sembarangan terutama di saluran air, kali, maupun sungai.

"Siapapun bisa menegur jika ada warga yang membuang sampah sembarangan. Di program membedah sampah ini bertujuan untuk dapat mengantisipasi meluapnya air dari saluran air pada musim penghujan," kata dia.

"Lihat saja, tak seperti biasanya pasukan oranye gerebek saluran air di lingkungan warga di enam Kecamatan Kota Jakarta Utara. Program ini akan terus berlanjut demi kebersihan saluran dan warga bisa terbebas banjir," dia menegaskan.

Baca: Djarot Minta Foto Warga yang Buang Sampah ke Kali Dipajang di Spanduk

PenulisRidwan Aji Pitoko
EditorErvan Hardoko
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM