Kadis UMKM: Kakak Sandiaga Uno Pemilik Konsep OK OCE - Kompas.com

Kadis UMKM: Kakak Sandiaga Uno Pemilik Konsep OK OCE

Jessi Carina
Kompas.com - 11/10/2017, 12:17 WIB
Kepala Dinas UMKM dan Perdagangan DKI Jakarta Irwandi di kawasan Kuningan, Jumat (4/8/2017). KOMPAS.com/JESSI CARINA Kepala Dinas UMKM dan Perdagangan DKI Jakarta Irwandi di kawasan Kuningan, Jumat (4/8/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Koperasi, UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dan Perdagangan DKI Jakarta Irwandi menjelaskan bahwa kakak Sandiaga Uno bukannya ditunjuk sebagai ketua OK OCE. Kakak Sandiaga, Indra Uno, merupakan pemilik konsep OK OCE itu sendiri.

"Kampanye OK OCE aspirasinya dari dia, konsepnya, jadi memang dia penggerak OK OCE sebelum (Sandi) jadi wagub," ujar Irwandi ketika dihubungi, Rabu (11/10/2017).

Saat Sandiaga menjadi calon wakil gubernur, konsep OK OCE itu menjadi salah satu program Anies dan Sandiaga. Kata Irwandi, posisi Indra juga bukan ketua melainkan tenaga ahli.

Baca: OK OCE Dianggarkan Rp 1,5 Miliar, Kakak Sandiaga Uno Jadi Ketua Tim

Indra menjadi pengajar dalam program OK OCE ini. Irwandi mengatakan posisi itu tidak bisa diisi oleh pegawai negeri sipil. Sebab, butuh orang yang ahli dalam bidangnya untuk mengajarkan wirausaha.

"Enggak bisa, kalau OK OCE harus orang yang ahli, yang expert. Kalau kita kan sebagai regulator, fasilitator, konsepnya pemda itu," ujar Irwandi.

Baca: Fraksi Gerindra DPRD DKI Usulkan Sinergi JakMart dan Program OK OCE

Kata Irwandi, Indra Uno merupakan seorang doktor ekonomi yang ahli dalam hal entrepreneurship. Menurut Irwandi, dia orang yang tepat untuk menjadi tenaga ahli dalam program OK OCE.

Apalagi, Indra merupakan penggagas awal program ini sampai akhirnya dikampanyekan oleh Sandi. Fakta bahwa dia adalah kakak Sandiaga Uno, kata Irwandi, hanya kebetulan saja.

"Beliau itu sebenarnya kepingn bantu DKI kurangi pengangguran. Kan konsep OK OCE ini nanti untuk kurangin pengangguran," kata Irwandi.

Baca: Program OK-OCE Masuk APBD-P, 4.000 Warga Akan Dilatih Wirausaha

"Konsepnya dari dia (kakak Sandi), kebetulan ada hubungan family jadilah dikasih ke Sandi dan dikampanyekan (dalam pilkada). Enggak ada unsur (sengaja), itu kebetulan saja," ujar dia.

Kompas TV Apa itu Ok Oce Stock Center yang diluncurkan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Sandiaga Uno?

PenulisJessi Carina
EditorAna Shofiana Syatiri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM