Jalan Inspeksi Tanah Abang yang Kini Bersih dari Bedeng Liar - Kompas.com

Jalan Inspeksi Tanah Abang yang Kini Bersih dari Bedeng Liar

Iwan Supriyatna
Kompas.com - 05/12/2017, 09:07 WIB
Kondisi jalan inspeksi menuju Tanah Abang bersih dari bedeng liar, Senin (4/12/2017).KOMPAS.com/IWAN SUPRIYATNA Kondisi jalan inspeksi menuju Tanah Abang bersih dari bedeng liar, Senin (4/12/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com — Sepanjang Jalan Tenaga Listrik yang terdapat di pinggiran Sungai Ciliwung menuju Tanah Abang tampak bersih dari bangunan semipermanen atau bedeng yang biasa ditempati para pemulung.

Di jalan inspeksi tersebut, hanya ada tembok pemisah antara rel kereta, Jalan Tenaga Listrik, dan Sungai Ciliwung.

"Biasanya di sini penuh bedeng, para pemulung kumpul di bedeng," kata Jafar, salah seorang tukang ojek pangkalan, kepada Kompas.com, Senin (4/12/2017).

Menurut Jafar, baru-baru ini petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kerap menggelar penertiban dan melakukan penjagaan. Sampai saat ini sepanjang jalan inspeksi menuju Tanah Abang itu bersih dari bedeng para pemulung.

"Ini juga biasanya ada Satpol PP ngejagain," ucap Jafar.

Baca juga: Pendatang di Jalan Inspeksi Tolak Tawaran Pulang Kampung Gratis

Sebelumnya, Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede memastikan jalan inspeksi menuju Tanah Abang bersih dari bangunan semipermanen atau bedeng.

Petugas dengan alat berat membongkar bangunan semipermanen ketika penertiban bangunan liar di jalan inspeksi Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2017). Pemprov DKI Jakarta melakukan penertiban permukiman liar karena dianggap mengganggu kendaraan yang melintas serta akan menjadi lokasi lintasan alat berat milik pemerintah pusat untuk mengeruk Kanal Banjir Barat.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Petugas dengan alat berat membongkar bangunan semipermanen ketika penertiban bangunan liar di jalan inspeksi Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2017). Pemprov DKI Jakarta melakukan penertiban permukiman liar karena dianggap mengganggu kendaraan yang melintas serta akan menjadi lokasi lintasan alat berat milik pemerintah pusat untuk mengeruk Kanal Banjir Barat.

Mangara mengatakan, hal ini terjadi karena pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) dalam hal pengawasan.

"Ada pemantauan pengamanan juga dari BBWSCC yang tengah melakukan proyek pengerukan kali," ucapnya.

Menurut dia, hal ini berbeda dengan kondisi pada penertiban-penertiban sebelumnya.

Baca juga: Bisa Dicek, Sampai Hari Ini Jalan Inspeksi Tanah Abang Masih Bersih

Pada penertiban sebelumnya, penghuni jalan inspeksi tak butuh waktu lama untuk kembali membangun bedeng-bedeng di kawasan tersebut.

Pada Senin (13/11/2017) Pemerintah Kota Jakarta Pusat melakukan penertiban di kawasan yang juga diketahui menjadi kawasan prostitusi tersebut.

Sekitar 200 ton sampah hasil bongkaran dikumpulkan dari lokasi tersebut. Mangara pun meminta BBWSCC segera melakukan pengerukan tanah sedimen di kawasan tersebut karena turut digunakan sebagai lokasi prostitusi.

PenulisIwan Supriyatna
EditorDian Maharani
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM