Libur "Long Weekend", RPTRA Kalijodo Masih Pikat Warga Jakarta

Kompas.com - 02/09/2017, 17:50 WIB
RPTRA Kalijodo dipadati pengunjung di hari libur Idul Adha, Sabtu (2/9/2017). Kompas.com/Sherly PuspitaRPTRA Kalijodo dipadati pengunjung di hari libur Idul Adha, Sabtu (2/9/2017).
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kalijodo jadi daya tarik sejumlah warga Jakarta untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga.

Sabtu (2/9/2017) ini, bekas kawasan prostitusi ini tampak dipadati pengunjung dari berbagai usia. Di sisi depan RPTRA terlihat sejumlah anak beramai-ramai bermain di arena bermain yang terletak di dekat lapangan bola.

Menaiki tangga menuju RTH Kalijodo, terlihat sejumlah pengunjung yang lengkap dengan ponsel dan tongsisnya (tongkat narsis) tengah mencari posisi terbaik untuk berfoto di sekitar mural yang tampak warna-warni dengan seni grafitinya.

Ketika menuruni tangga menuju RTH, sejumlah orang dengan kostum "setan jadi-jadian" menyapa pengunjung dengan riasan menyeramkan dan menawarkan untuk berfoto bersama.

Setan jadi-jadian curi perhatian pengunjung RPTRA Kalijodo, Sabtu (2/9/2017).Kompas.com/Sherly Puspita Setan jadi-jadian curi perhatian pengunjung RPTRA Kalijodo, Sabtu (2/9/2017).
"Ih...ih...ih, mari foto, Bang, Neng," ucap seorang pria berkostum pocong menyapa pengunjung.

Aksi para setan jadi-jadian ini tak pelak membuat sejumlah pengunjung tertarik untuk berfoto bersama. Namun, tak banyak juga yang merasa takut dan menyingkir.

"Mama takut, enggak mau foto," pekik seorang bocah laki-laki.

Keriuhan juga terjadi di sisi barat RTH. Sebuah perosotan balon berukuran besar, kereta mini dengan rel yang tak kalah mini, serta becak mini tersedia di sana.

"Saya kalau hari-hari biasa pasang kereta di ujung sana, dekat foodcourt. Tapi ini mumpung lagi rame penginjung saya bawa ke depan mainannya lumayan hasilnya," ujar Otong, penyedia jasa sewa kereta mini.

Libur Idul Adha tahun ini memang terbilang cukup spesial. Tanggal merah yang jatuh pada hari Jumat menjadikan libur Idul Adha tahun ini sebagai long weekend.

Sebagian warga Jakarta memanfaatkan waktu libur panjang untuk menuju kampung halaman atau meninggalkan Ibu Kota sejenak untuk berlibur bersama keluarga.

"Kalau saya libur tiga hari mending di Jakarta saja, main ke tempat-tempat begini. Sudah bagus, meriah dan gratis," ujar Siti, salah seorang pengunjung.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X